Tempat Penambangan Minyak Bumi Lepas Pantai Disebut Anjungan


Pernah mendengar tentang adanya penambangan minyak bumi yang dilakukan di tengah lautan? Penambangan itu sering disebut dengan penambangan minyak bumi lepas pantai. Tempat dilakukannya penambangan minyak bumi lepas pantai itu disebut anjungan.

Anjungan penambangan lepas pantai ini memang sengaja dibangun di tengah laut untuk kepentingan penambangan minyak bumi. Pada anjungan lepas pantai ini, biasanya terdapat rig pengeboran.

Fungsinya adalah untuk melakukan analisa sifat geologis reservoir dan juga membuat lubang untuk mengambil cadangan minyak bumi atau gas alam melalui reservoir itu. Pada sebuah anjungan biasanya terdapat sekitar 30 mata bor.

Anjungan Pertama dan Anjungan Tertinggi

Anjungan untuk menambang minyak bumi pertama kali dibuat pada tahun 1891 di Amerika Serikat, tepatnya di danau St Marys, yang terletak di Ohio.

Sedangan anjungan lepas pantai yang pertama didirikan tahun 1896 di ladang minyak Summerland. Daerah ini terdapat di bagian bawah kanal Santa Barbara, Amerika Serikat.

Dari banyaknya anjungan minyak lepas pantai yang terdapat di seluruh dunia, ada beberapa yang merupakan anjungan  tertinggi di dunia.

Yang pertama adalah Petronius, yang tingginya sampai 610 meter. Anjungan ini adalah milik Chevron Corporation dan Marathon Oil. Terletak di Teluk Meksiko. Petronius dibangun untuk mengeksplorasi minyak dan gas bumi yang ditemukan tahun 1955 di Viosca Knoll.

Yang tertinggi kedua adalah Baldpate, dengan ketinggian mencapai 580 meter. Anjungan ini berada di pantai Louisiana. Sedangkan yang ketiga adalah

Anjungan tertinggi keempat adalah Troll, dengan tinggi 472 meter milik Statoil. Anjungan ini terletak di Laut Utara. Anjungan ini pernah dipindahkan posisinya, dan pemindahan itu menjadi daya tarik tersendiri, hingga disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Amerika Serikat.

Sementara anjungan penambangan minyak bumi yang menduduki peringkat kelima disebut dengan nama Gulfaks yang tingginya 380 meter.

Anjungan lepas pantai ini juga dimiliki oleh Statoil, pemilik Troll. Gulfaks pun terletak di Laut Utara, di antara Inggris dan Daratan Eropa. Laut Utara memang termasuk salah satu penghasil minyak bumi yang cukup potensial.

Selanjutnya : Lima Dasar Negara Oleh Ir. Soekarno
Sebelumnya: Lembaga Internasional yang Mengeluarkan Sertifikat Dibidang IT
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar