Tempat Terjadi Sintesis Protein


Tahukan Anda bahwa di dalam tubuh manusia terdapat proses sintesis protein? Dan tahukah Anda di mana tempat terjadi sintesis protein? Ya, di dalam tubuh manusia memang terjadi peristiwa sistesis protein, dan peristiwa tersebut terjadi di dalam sel.

Proses yang terjadi dalam tubuh tersebut merupakan suatu temuan. Karena semua yang terjadi di dalam dan semua yang ditemukan di dalam tubuh tersbeut tidak ada begitu saja, namun merupakan suatu usaha panjang, untuk dapat menemukan hal tersebut.

Sintesis protein adalah proses pencetakan protein dalam sel. Sifat enzim (protein) sebagai pengendali dan penumbuh karakter makhluk hidup ditentukan oleh jumlah jenis, dan urutan asam amino yang menyusunnya.

Jenis dan urutan asam amino ditentukan oleh ADN (Asam Dioksiribose Nukleat). Sintesis protein meliputi dua langkah, yaitu transkripsi dan translasi.

Sintesis protein pertama kalinya ditemukan pada tahun 1950. Peristiwa yang terjadi pada tahun tersebut adalah peristiwa untuk mengetahui proses yang terjadi dari sintesis protein serta tempat terjadinya proses sintesis tersebut.

Tahapan pertama adalah replikasi DNA. Apakah yang dimaksud dengan replikasi DNA? Yang dimaksud dengan replikasi DNA adalah proses replikasi sebelum sel membelah. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap sel pastilah membelah.

Pembelahan yang terjadi pada sel misalnya saja satu sel berubah menjadi dua sel, dua sel membelah menjadi empat sel, empat sel membelah menjadi delapan sel dan begitu pula seterusnya.

Kemudian dalam proses pembelahan tersebut, sebelum terjadi pembelahan, terjadi proses memperbanyak komponen-komponen yang ada di dalam sel. Komponen-komponen yang ada di dalam sel tersebut bisa terjadi karena proses reduplikasi sel DNA. Inilah yang disebut dengan redupliksi sel DNA.

Proses yang kedua adalah proses yang dinamakan dengan proses transkripsi. Apa yang terjadi dalam proses ini? Apakah Anda mengetahuinya? Yang terjadi dalam proses ini adalah DNA yang kemudian akan membentuk RNA.

Apa yanga kan dilakukan RNA? RNA akan melakukan penerjemahan kode-kode yang ada di dalam DNA. Proses pembentukan yang telah terjadi inilah yang disebut dengan transkripsi.

Itulah sekilas tentang tempat terjadi sintesis protein dan proses apa saja yang terjadi di dalam peristiwa tersebut.

Selanjutnya : Ciri-ciri Anak Berbakti kepada Orangtua
Sebelumnya: Hilang Rasa Gatal Setelah Berendam dengan Air Rebusan Daun Sirih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar