Tenaga Air Pembangkit Listrik


Air merupakan sesuatu yang memiliki banyak manfaat dan menjadi sumber kehidupan bagi mahkluk hidup. Dari sekian banyak manfaat air, ternyata air juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik melalui energi potensial dan energi kinetik dari aliran air. Di Indonesia sendiri ada beberapa wilayah yang dijadikan sebagai tenaga air pembangkit listrik. Energi listrik yang dhasilkan oleh air ini disebut juga sebagai hidroelektrik.

Cara kerja dari tenaga air untuk pembangkit listrik ini menggunakan hukum fisika dimana menggunakan beberapa perubahan energi yaitu dengan cara mengubah energi aliran air menjadi energi mekanik dan selanjutnya energi mekanik tersebut diubah lagi menjadi energi listrik. Selanjutnya energi listrik yang dihasilkan tersebut dialirkan melalui jaringan-jaringan khusus yang telah dibuat hingga sampai di rumah-rumah.

Bagian-bagian Pembangkit Listrik

Berikut ini adalah macam-macam dari pembangkit listrik tenaga air:
1. Bendungan yangdibuat khusus dan berfungsi untuk menampung ar dalam jumlah yang besar dimana hal ini berguna untuk menciptakan tenaga yang besar melalui tinggi jatuh air. Selain digunakan untuk menampung air dalam jumlah yang besar, bendungan ini juga digunakan untuk menghindari banjir.

2. Turbin adalah alat khusus yang berfungsi untuk mengubah aliran air pada suatu tempat menjadi energi mekanik. Turbin ini menggunakan baling-baling dimana aliran air akan menyebabkan baling-baling bergerak dan turbin berputar. Selanjutnya turbin yang berbentuk seperti kincir angin dihubungkan dengan generator.

3. Generator yang dihubungkan dengan turbin berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

4. Jalur transmisi adalah jaringan-jaringan khusus yang dibuat dimana jalur ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan ke rumah-rumah atau tempat tertentu.

Demikianlah macam-macam tenaga air pembangkit listrik yang mempunyai fungsinya masing-masing. Besarnya tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga air tergantung dari tingginya bendungan, karena semakin tinggi bendungan akan menyebabkan air yang jatuh memiliki energi yang cukup besar sehingga menghasilkan energi listrik yang besar pula.

Demikianlah cara kerja dan faktor yang mendorong semakin besarnya energi listrik yang dihasilkan melalui aliran air tertentu. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tentang Kehidupan Wayne Rooney
Sebelumnya: Fenomena Gerhana Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar