Tenggorokan Terasa Asam? Waspada GERD

Asam lambung sangat bermanfaat dalam fungsi pencernaan. Peranannya penting dalam mengurai makanan. Zat yang diproduksi oleh organ lambung ini memang berguna untuk mengurai semua makanan yang masuk. Namun, asam lambung yang sampai keluar dari area sekitar lambung akan membawa masalah bagi tubuh. Ketika asam lambung keluar dari lambung hingga menuju kerongkongan dan menyebabkan tenggorokan terasa asam, Anda harus berhati-hati.

Saat asam lambung ke luar dari area lambung dan menuju kerongkongan, dalam dunia kedokteran penyakit yang muncul diakibatkan naiknya asam lambung disebut sebagai gastro esophageal reflux disease atau GERD. Ketika proses naik, asam lambung serta makanan yang diurainya akan ikut keluar dari area lambung.

Loading...

Gejala GERD

Seseorang yang terkena penyakit GERD akan merasakan gejala umum penyakit seperti rasa perih yang teramat sangat di area lambung dan ulu hati. Akibat rasa nyeri tersebut, para penderita GERD sering merasa mual dan disertai muntah-muntah. Bahkan, GERD sampai menyebabkan muntah kering.

Ketika muntah, biasanya asam lambung sudah naik sampai ke kerongkongan dan mengakibatkan rasa perih serta tenggorokan terasa asam.  Selain itu, gejala yang dirasakan adalah dada terasa sakit seolah terbakar dan panas. Istilah kedokteran menyebutnya heartburn. Gejala lainnya yang akan terasa adalah penderita mengalami batuk kronis, radang tenggorokan, sulit menelan, dan sering bersendawa.

Banyak yang sering salah sangka mengenai gejala rasa sakit di area dada. Kondisi ini sering dianggap sakit jantung. Salah diagnosis ini biasanya terjadi karena penderita sebelumnya sama sekali tidak mempunyai riwayat penyakit mag. Padahal jika dilakukan proses endoskopi (melihat dalam bagian tubuh manusia secara langsung menggunakan alat medis), ternyata asam lambung sudah berada di daerah kerongkongan.

Pengobatan GERD

Mengatasi GERD tidak bisa dilakukan secara sendiri. Setiap penderita GERD harus dievaluasi oleh dokter secara personal. Cara pengobatannya tergantung dari tingkat keparahan GERD dan kualitas hidup penderita. Pengobatan penyakit ini harus melalui terapi secara teratur untuk mengendalikan gejala. Selain itu, pengobatan dilakukan untuk menghindarinya datangnya ke dokter secara berulang.

Saat ini, banyak tersedia obat yang dijual secara bebas untuk mengobati heartburn seperti antasida dan H-2 Blockers. Namun, dampak penggunaan obat ini hanya bersifat sementara saja untuk meringankan sakit. Jadi, jangan sepelekan saat tenggorokan terasa asam agar terhindar dari penyakit GERD.

Loading...
Selanjutnya : Pertarungan Puncak Naruto dengan Madara yang ke 617
Sebelumnya: Cara Penulisan Essay yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar