Membahas tentang Hukum Internasional

Bagaimana penjelasan tentang hukum internasional? Hukum internasional adalah salah satu bagian hukum yang memiliki fungsi untuk mengatur kegiatan yang memiliki skala internasional. Yang dimaksudkan dengan skala inetrnasional adalah hubungan yang terjadi dan dialami oleh lebih dari satu negara yang ada di dunia ini. Inilah yang kemudian membuat hukum ini menjadi aturan yang mengatur mengenai perilaku dan hubungan yang ada pada antar negara.

Namun kemudian, ruang lingkup ini diluaskan dengan menambahkan aturan untuk organisasi internasional, perusahaan multinasional ataupun individu dengan dunia internasional itu sendiri. Sehingga, dapat dikatakan bahwa hukum ini adalah hukum antara bangsa atau hukum antar negara.

Loading...

Yang menjadi subjek hukum di dalam jenis hukum ini adalah masyarakat atau individu di dalam negara yang satu dengan individu di negara yang lain, negara yang satu dengan negara yang lain,dan hubungan antara individu yang satu dengan negara lain yang bukan negara tempat ia tinggal.

Melihat dari hal ini, maka akan dijadikan beberap bentuk dari perwujudan hukum ini yang kemudian diberlakukan di bagian dunia dengan hubungannya dengan negara yang lain.

Beberapa  bentuk ini adalah:

  • Hukum Regional secara Internasional

Hukum ini mengatur dan berlaku pada negara yang dalam satu lingkungan tertentu. Misalnya adalah hukum yang berada di sebuah daerah yang melibatkan beberapa negara di dalam daerah tersebut.

Contoh dari kebaradaan hukum ini adalah hukum yang ada di dalam konsep untuk melindungi kekayaan hayati laut yang awalnya adalah merupakan hukum yang berlaku di Benua Amerika saja, namun kemudian berkembang menjadi hukum yang diberlakukan di dunia secara umum.

2. Hukum Khusus secara Internasional

Hukum ini hanya berlaku secara khusus bagi negara yang memang berada di dalam persetujuan akan hukum ini. Misalnya adalah Konvensi Eropa mengenai satu hal yang kemudian menerbitkan hukum yang harus diberlakukan di negara yang menyetujui hukum ini.

Inilah bagaimana penjelasan singkat mengenai pembahasan apa dan bagaimana Hukum Internasional itu yaitu hukum yang berlaku secara internasional atau umum di seluruh dunia. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Loading...
Selanjutnya : Cara Menghitung Pajak Perusahaan
Sebelumnya: Universitas Swasta Terkemuka di Tangerang Banten
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar