Tentang Pengertian Atlas Tematik Menurut Ahli


Pengertian atlas tematik menurut ahli mengerucut pada satu pehamaman yang hampir sama bahwa atlas tematik dimaknai sebagai atlas yang memberikan informasi dalam bidang tertentu yang bersifat khusus. Contoh dari atlas tematik adalah atlas patologi, atlas anatomi, atlas geologi, atlas histologi, atlas-atlas sejarah dan lain sebagainya.

Atlas tematik merupakan bagian dari jenis-jenis atlas yang dilihat dari isi peta yang ditampilkannya. Selain atlas tematik, masih ada atlas lain yakni atlas semesta dan atlas wilayah. Atlas semesta merupakan atlas yang menampilkan informasi terkait semua yang ada di jagat raya seperti susunan tata surya, galaksi dan rasi bintang. Sedangkan atlas wilayah menampilkan beragam informasi yang terkait dengan unsur-unsur geografi secara umum baik yang sifatnya alamiah maupun budaya dari suatu wilayah. Contoh dari atlas wilayah ini adalah atlas nasional, atlas regional serta atlas dunia.

Setelah membahas secara singkat beberapa jenis atlas, muncul pertanyaan mendasar tentang mengapa atlas itu dibuat? Apa fungsinya? Apa ciri-cirinya?

Manfaat dan Ciri-ciri Atlas

Atlas yang diartikan sebagai buku yang berisi berbagai macam peta ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia seperti:

  • Mengetahui corak budaya suatu daerah. Misalnya atlas Indonesia yang didalamnya juga disertakan berbagai informasi tentang ragam budaya termasuk pakaian adat, rumah adat dan sebagainya
  • Untuk mengetahui kondisi fisik dari suatu wilayah misalnya tentang struktur tanahnya dan sebagainya
  • Untuk mengetahui tentang kondisi geografisnya menyangkut gunung, sungai dan lain sebagainya
  • Untuk mengetahui kondisi ekonomi dan kondisi sosial masyarakat suatu daerah seperti halnya tentang tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan sebagainya. 

Sebagai sebuah pedoman, atlas memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi sehingga keberadaannya bisa dimanfaatkan oleh orang lain. Syarat-syarat yang harus ada pada atlas antara lain bahwa data yang digunakan untuk menyajikan kondisi suatu daerah haruslah akurat. Dalam penyampaiannya, beragam informasi yang ada disajikan dengan menggunakan bantuan simbol-simbol serta warna yang menarik. Selain itu, atlas juga harus mengikuti kaidah yang sudah ditentukan berkaitan dengan kartografi.

Demikian sekilas tentang pengertian atlas tematik menurut ahli dan jenis-jenis lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Soal Integral Tertentu Fungsi Trigonometri
Sebelumnya: Rumah Panggung Indah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar