Tentang Penyakit Hernia


Penyakit Hernia atau yang dikenal juga sebagai turun berok merupakan istilah penyakit yang dikemukakan oleh seorang Profesor yang pernah melakukan berbagai riset di Maumere Papua Barat yang berkaitan dengan kesehatan.

Nama professor itu adalah Hernia yang kemudian namanya diabadikan sebagai nama penyakit ini. Dari hasil penelitian yang dia lakukan, dia menemukan virus yang diidentifikasi memiliki kesamaan dengan virus influenza H5NI.

Ada versi lain terkait dengan penamaan ini. Berdasarkan salah satu referensi disebutkan jika kata Hernia merujuk kepada kata Herniae yang merupakan bahasa Latin.

Kata Herniae ini berarti menonjolnya isi yang terdapat pada sebuah rongga yang muncul lewat jaringan ikat yang tipis dan lemah yang terdapat pada dinding rongga.

1. Penyebab Hernia

Hernia ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh melemahnya lapisan otot pada dinding perut sehinggan menyebabkan turunnya buah zakar. Penyakit ini bisa menyerang laki-laki baik masih anak atau sudah dewasa.

Jika terjadi pada anak, kemungkinan besar munculnya hernia dipicu oleh procesus vaginalis yang kurang sempurna dalam menutup akibat dari turunnya buah zakar atau testis.

Sedangkan jika hernia menyerang orang dewasa, penyebabnya terjadi karena adanya tekanan yang tinggi pada rongga perut atau akibat melemahnya otot dinding perut karena factor usia.

Dari perspektif demografi, penyakit ini rentan mengenai orang yang tinggalnya di kawasan perkotaan dimana budaya kerjanya menuntut stamina yang besar. Jika kebutuhan kerja tidak diimbangi dengan stamina yang kurang bagus, maka bisa berakibat pada munculnya penyakit ini.

2. Klasifikasi Hernia

Merunut pada sebab terjadinya, hernia dibedakan menjadi 2 tipe yaitu congenital atau hernia bawaan serta akuisita atau hernia yang muncul karena factor pemicu.

Berdasarkan tempatnya dibedakan menjadi hernia diafragma, inguinal, umbilical serta femoral. Berdasarkan sifatnya dibedakan atas hernia reponibel, irreponibel, strangulata,incarserata dan akreta.

3. Pengobatan untuk Hernia

Untuk mengobat penyakit ini bisa menempuh jalan operasi medis atau juga bisa menggunakan jalur alternatif dengan memanfaatkan pengobatan herbal.

Salah satu ramuan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati hernia adalah ramuan minuman yang terdiri dari campuran madu (1 sendok makan), telur (1 butir), air putih secukupnya serta minyak samin (1 sendok makan). Ramuan ini diminum satu porsi setiap hari.

Demikian penjelasan secara singkat tentang penyakit hernia. Jika Anda sedang mengalaminya, semoga segera sembuh.

Selanjutnya : Ringkasan Pengembangan Sistem Informasi
Sebelumnya: Cara Mencegah Nyamuk DB
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar