Pertambangan Batubara Di Indonesia


Pertambangan batubara adalah suatu proses penambangan atau pengambilan batubara dari perut bumi. Penambangan ini membutuhkan proses tersendiri sesuai dengan teknis penambangan yang telah ditetapkan. Sejarah penambangan batubara ini sudah dimulai sejak lama. Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa tambang batubara tertua di dunia ditemukan di Tower Collery di Inggris.

Di Indonesia sendiri, penambangan batubara sudah dikenal sejak lama dan sampai sekarang masih terus dilakukan. Meskipun kalah populer dengan minyak bumi, namun batubara cukup berperan penting dalam dunia pertambangan di Indonesia, mengingat, Indonesia diketahui memiliki kandungan batubara yang cukup kaya.

Endapan batubara bernilai ekonomis di kepulauan nusantara ini banyak ditemukan di cekungan tersier yang terletak di bagian barat Paparan Sunda, termasuk daerah Pulau Sumatera dan Kalimantan. Diketahui, sumber daya batubara sangat melimpah terutama di Pulau Kalimantan dan pulau Sumatera. Di daerah-daerah lain seperti Pulau Sulawesi, Papua, Jawa tengah, dan Jawa Barat juga diketahui memiliki kandungan batu bara, namun, jumlahnya sangat sedikit dan belum dapat ditentukan tingkat keekonomisannya.

Apa manfaat batubara? Di Indonesia batubara dimanfaatkan sebagai bahan bakar pada banyak mesin industri. Diketahui, menggunakan bahan bakar batubara jauh lebih ekonomis dari pada bahan bakar solar. Selain itu, batubara juga merupakan bahan bakar fosil terpenting di Indonesia. Cadangan bahan bakar ini masih cukup melimpah di Indonesia.

Di Indonesia terdapat begitu banyak perusahaan pertambangan yang ikut berperan mengeksploitasi bahan bakar fosil ini. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain;

  1. PT Arutmin Indonesia yang beroperasi di cekungan asam-asam dan pasir (Kalimantan Selatan dan Timur)
  2. PT BHP Kendilo Coal yang beroperasi di cekungan pasir (Kalimantan Timur)
  3. PT Bukit Asam yang beroperasi di cekungan ombilin (Sumatera Barat, tengah dan Riau)
  4. PT Allied Indo Coal yang beroperasi di cekungan ombilin (Sumatera Barat)
  5. PT Kaltim Prima Coal yang beroperasi di cekungan kutai (Kalimantan Timur)
  6. PT Kideco Jaya Agung yang beroperasi di cekungan pasir (Kalimantan Timur)
  7. PT Berau Coal yang beroperasi di cekungan tarakan

Demikian sekilas tentang pertambangan batubara di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Pohon Kecil Untuk Pekarangan Kecil
Sebelumnya: Kumpulan Cerita Ali bin Abi Tholib dan Utsman Bin Affan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar