Tentang Senam Kesegaran Jasmani di Indonesia


Ketika berbicara tentang senam kesegaran jasmani atau SKJ, akan banyak generasi tahun 80-an yang mempunyai memori indah tentang senam satu ini. Bagaimana tidak, mereka yang bersekolah pada era tahun itu sangat tahu bahwa setiap hari Jumat mereka harus melakukan SKJ di halaman sekolah. Gerakan SKJ cukup rancak dan menggerakan semua anggota tubuh. Musik yang rancak membuat gerakan SKJ semakin menyenangkan. Bahkan ada lomba SKJ untuk tingkat daerah.

Mengolahragakan Masyarakat, Memasyarakatkan Olahraga

SKJ menjadi bagian dari slogan pemerintah Orde Baru yang ingin mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Itulah mengapa SKJ ini menjadi wajib untuk semua pelajar dan guru di seluruh Indonesia. Bahkan semua pegawai negeri harus melakukan SKJ setiap hari Jumat.

Sebenarnya, hingga kini pun SKJ ini masih dikenal tetapi mungkin karena tidak lagi diwajibkan, akhirnya hanya kalangan tertentu yang mengenalnya. Gerakan yang diperbarui membuat SKJ semakin sesuai dengan zaman. Senam ini pun dilakukan oleh beberapa kalangan manula sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh mereka.

Para manula yang aktif akan membuat kehidupan mereka jauh dari stres. Tubuh mereka yang segar akan menjauhkan diri dari penyakit yang telah mereka idap. Dengan berkeringat tubuh mereka akan mengeluarkan hormon bahagia sehingga mereka bisa menatap dunia dengan lebih baik.

Kaum pelajar sebenarnya masih ada yang melakukan SKJ tetapi tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing. Jadwal mereka melakukannya pun tidak lagi hari Jumat. Ada yang melakukannya pada hari Sabtu. Musik yang mengiring pun sangat rancak seperti RnB atau musik senam yang menggoda untuk bergoyang.

Pakaian yang dikenakan untuk melakukan SKJ pun sangat beragam sehingga kegiatan SKJ menjadi ajang pergaulan yang cukup bagus. Pemerintah sendiri tampaknya memang tidak mewajibkan SKJ untuk dilakukan oleh kalangan pelajar dan PNS. Tetapi tampaknya, masyarakat sendiri senang dengan senam satu ini.

Kisah tentang senam kesegaran jasmani ini memang menarik untuk terus dibahas. Ada kenangan yang terlupakan bagi para pelajar pada tahun 80-an dan 90-an. Terkadang mereka melakukan gerakan lucu yang membuat tawa. Musik SKJ sendiri pun akan menimbulkan rasa geli bila terdengar lagi.

Selanjutnya : Bumbu Tumis Sayur Lezat dan Sehat
Sebelumnya: Cara Manipulasi Foto Mengganti Wajah Kartun Menjadi Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar