Mengingat Kembali tentang Teori Pembelajaran Bruner

Pembahasan singkat kali ini berbicara tentang teori pembelajaran Bruner. Maksudnya adalah kita akan mengupas secara singkat mengenai apa itu teori pembelajaran yang dikemukakan oleh Bruner. Siapa Bruner? Nama lengkapnya adalah Jerome Bruner. Bruner ini adalah seorang ahli psikologi perkembangan dan psikolosgi belajar kognitif. Banyak sekali hasil penelitiannya yang sudah dipublikasikan mengenai proses balajar kognitif.

Bruner menggunakan pandangan kaum kognitif dalam menjabarkan teori pembelajarannya. Dengan kata lain teori pembelajaran yang dikemukakan oleh Jerome Bruner ini berpengaruh dengan teori kognitif. Bruner mengemukakan tiga tahap belajar yang dialami oleh manusia, yaitu enaktif, ikonik, dan simbolik. Menurutnya tingkah laku seseorang tersebut didasari oleh kognisinya dengan mengenal dan memikirkan kondisi di mana perilaku itu terjadi.

Teori Belajar Kognitif Bruner

Menurut Bruner, teori belajar kognitif lebih memerlukan dan memerhatikan proses belajar daripada hasil belajar itu sendiri. Proses belajar adalah hal yang paling penting untuk difokuskan daripada hasil dari belajarnya. Dengan proses belajar yang disadari oleh individu, akan didapat seperangkat asumsi yang membuat individu menjadi paham dengan apa yang dipelajarinya. Jadi, di sini lebih mengutamakan asumsi dan pemahaman dari individu dalam memahami proses belajar yang dijalaninya.

Teori kognitif juga berpandangan bahwa belajat itu merupakan sebuah proses interaksi yang terdiri dari memori, retenasi, mengolah informasi, emosi, serta aspek-aspek kejiawaan lain yang ada dalam diri individu. Pada saat kita belajar melibatkan proses berpikir yang cukup kompleks bahkan sangat kompleks. Belajar tidak hanya sebatas menerima stimulus, tetapi juga menyesuaikan diri dengan kerangka kognitifnya yang sudah terbentuk sebelumnya.

Tiga Tahap Proses Belajar Menurut Bruner

Kita akan lihat bagaimana tentang teori pembelajaran Bruner ini dari tiga tahapan belajar. Apa saja tiga tahap proses belajar yang dikemukakan oleh Bruner ini? Bisa kita pahami dalam uraian berikut.

  • Tahap Informasi. Tahap ini adalah tahap awal untuk mendapatkan pengetahuan atau wawasan serta pengalaman, karena setiap pelajaran tentu memberikan seperangkat informasi yang bisa menambah dan meningkatkan pengetahuan.
  • Tahap Transformasi. Tahap ini adalah tahap memahami, menganalisis dan mencerna pengetahuan yang baru lalu ditransformasi atau dipindahkan ke dalam bentuk yang baru.
  • Tahapan Evaluasi. Tahap yang ketiga ini adalah tahap akhir, berupa tahapan yang dilakukan untuk mengetahui apakah hasil dari tahap kedua di atas benar ataukah tidak. Selanjutnya hasil evaluasi tersebut akan dinilai dan bisa dimanfaatkan untuk memahami gejala atau konsep lain.

Demikianlah ulasan singkat tentang teori pembelajaran Bruner beserta dengan konsep dasar belajar kognitif dan tiga tahapan proses belajar. Semoga informasi mengenai proses belajar tersebut bisa bermanfaat buat pembaca. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Rekreasi ke Pemandian Air Panas Pandeglang
Sebelumnya: Beberapa Pemandangan Alam di Eropa yang Indah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading