Mengenal Kekuatan Tentara Iran

Dalam sejarah berdirinya negara Iran, peran tentara Iran tidak bisa diremehkan begitu saja. Mereka menjadi bagian penting yang membuat Iran tumbuh menjadi sebuah negara besar dan cukup disegani. Bukan hanya di kawasan Timur Tengah namun juga di dunia.

Hal ini berlangsung sejak masa sebelum berdirinya negara Iran. Dimana pada saat itu, Iran masih bernama Persia yang berada di kawasan Asia Barat Daya. Istilah Iran sendiri diyakini muncul dari sebutan Arya, yang merupakan suku bangsa yang ada di kawasan tersebut pada masa lalu.

Loading...

Sejarah Iran

Sejarah akan bangsa Iran ini sudah berlangsung sejak tahun 3200 Sebelum Masehi. Dimana pada masa itu, diyakini menjadi puncak kekuasaan dari kekaisaran media serta kekaisaran Achemenid hingga tahun 330 SM. Sejarah ini didapatkan dari berbagai penemuan kitab kuno yang berasal dari masa itu.

Salah satu peran besar Iran pada masa itu adalah pada saat pemerintahan Cyrus Agung berkuasa. Cyrus Agung merupakan penguasa pertama di dunia yang memperkenalkan undang-undang mengenai hak manusia. Hal ini didapatkan dari bukti penemuan artefak yang disebut dengan Silinder Cyrus.

Pada masa Cyrus Agung, perbudakan dilarang dilakukan pada kawasan yang berhasil ditaklukannya. Kebijakan inilah yang kemudian menjadi inspirasi pada pemerintahan bangsa-bangsa modern sekarang ini.

Kepemimpinan penguasa Persia atau Iran inilah yang kemudian banyak mengilhami berbagai peraturan di dunia modern. Sistem perbudakan dan persamaan manusia tersebut merupakan sedikit diantaranya. Iran juga menjadi salah satu negara yang turut membidani lahirnya organisasi besar di dunia. seperti PBB, atau juga OKI yang merupakan perserikatann negara Islam di dunia. Selain itu, Iran turut serta mempelopori lahirnya Gerakan Non Blok.

Persenjataan Iran

Di bidang keamanan, Iran diyakini menjadi salah satu negara yang memiliki kekuatan terbesar. Jumlah tentara Iran yang mencapai puluhan ribu dan juga didukung kekuatan persenjataan lengkap. Hal ini membuat banyak negara yang segan kepada Iran, terlebih pada masa pemerintahan Ahmadinejad.

Salah satu kekuatan senjata Iran yang sangat ditakuti adalah dimilikinya senjata nuklir yang membuat beberapa negara besar seperti Amerika merasa takut. Bahkan karena kekhawatiran ini, melalui PBB, Amerika memberikan ancaman untuk melakukan berbagai tindakan. Salah satunya adalah dengan membuat embargo ekonomi bagi Iran.

Selain itu, ancaman untuk menyerang Iran juga sempat diluncurkan. Namun, ancaman tersebut tidak pernah terwujud meski tentara Iran sudah disiagakan untuk menghadapi ancaman dari Amerika tersebut.  

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Fungsi Sayur Sawi Hijau
Sebelumnya: Pemikiran Hasan Al Banna Mengenai Konsep Politik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar