Teori Behavioristik dari Skinner

Teori behavioristik sangat sering dijelaskan oleh beberapa ilmuwan, salah satunya yang bernama Skinner. Apakah maksud teori behavioristik dari Skinner, dan apa arti umum dari teori ini?

Teori Behavioristik

Loading...

Teori behavioristik adalah sebuah teori belajar yang pertama kali dicetuskan oleh Gage serta Berliner. Teori ini menjelaskan mengenai perubahan tingkah laku yang berasal dari pengalaman.

Teori ini kemudian menjadi semakin berkembang hingga akhirnya menjadi sebuah aliran psikologi belajar yang sangat berpengaruh bagi perkembangan praktik serta teori dari pembelajaran dan pendidikan. Teori yang berkembang itu diberi nama aliran behaviotisti. Secara arti teori ini menjelaskan mengenai terbentuknya sebuah perilaku baru dari proses belajar.

Skinner adalah tokoh yang paling mengungguli tokoh lainnya dalam mengemukakan konsep dari teori ini. Dia bisa menjelaskan sebuah konsep belajar dengan sederhana. Walaupun begitu tetap lebih komprehensif.

Menurutnya, hubungan di antara respons serta stimulus dapat terjadi lewat interaksi dengan lingkungan. Oleh karena itu, timbullah perubahan tingkah laku. Menurut tokoh sebelumnya, perubahan itu sangatlah sederhana, padahal tidak demikian.

Menurut Skinner, penerimaan respons itu tidak sesederhana apa yang banyak ilmuwan kemukakan. Alasannya karena berbagai stimulus yang diberikan akan berinteraksi satu sama lain sehingga bisa memengaruhi hasil dari respons. Berbagai respons itu memiliki konsekuensinya sendiri. Berbagai konsekuensi yang terbentuk akan memengaruhi perilaku yang muncul.

Berdasarkan pengertian teori dari Skinner ini untuk mengerti tingkah laku orang-orang di sekitar maka harus memahami dahulu hubungan antar stimulusnya. Kemudian, pahami respons yang timbul serta berbagai konsekuensi karena respons tersebut.

Skinner mengatakan bahwa dengan menggunakan berbagai perubahan mental sebagai alat yang berguna untuk menjelaskan berbagai tingkah laku hanya bisa menambah masalah menjadi rumit. Oleh karena setiap alat harus dijelaskan lagi. Tokoh lain yang telah menjelaskan teori ini adalah Watson, Thorndike, Clark Hull, serta Edwin Guthrie.

Itulah penjelasan mengenai teori behavioristik dari Skinner. Telah jelas bahwa perilaku manusia itu muncul berdasarkan lingkungan serta proses belajar yang dilewati. Makanya banyak artikel yang menyebutkan bahwa Anda harus memberikan contoh yang baik kepada anak-anak karena mereka akan tumbuh berdasarkan dengan pengetahuan serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Apakah Teori Bumi Bulat adalah Teori Bumi Marcopolo?
Sebelumnya: Sekilas tentang Ular Peliharaan dan Perawatannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar