Makalah tentang Teori Big Bang


Teori big bang disebut juga teori dentuman besar. Teori ini sangat terkenal karena menggambarkan tentang asal-usul terbentuknya alam semesta. Menurut teori ini, alam semesta kita berawal dari dentuman atau ledakan dahsyat yang terjadi 13 milyar tahun yang lalu. Asal mula alam semesta kita adalah dari satu wilayah kecil yang di dalamnya terkumpul semua objek.

Titik wilayah tersebut disebut singularity dan bersuhu sangat panas. Titik ini sangat kecil dan konon katanya lebih kecil dari inti sebuah atom. Titik tersebut kemudian meledak dengan dahsyat sehinga semua isinya terlempar dan bercerai berai ke wilayah yang lebih luas dari sebuah galaxi dalam tempo kurang dari satu detik.

Beberapa ilmuwan memaparkan bukti-bukti kuat dari teori big bang ini. Bukti yang terkuat adalah sebuah sinyal lemah yang dapat dideteksi di angkasa. Sinyal inilah yang menurut para ilmuwan merupakan pantulan dari energi yang dilepaskan oleh ledakan besar tersebut.

Fakta Seputar Big Bang

Ada beberapa fakta menarik seputar teori big bang ini. Menurut mitologi Mesir kuno, alam semesta kita ini terbentuk dari air liur dewa matahari mereka. Dasar kehidupan manusia adalah udara (shu) dan embun (tefnut) yang berasal dari dewa Ra (matahari). Gabungan dari udara dan embun atau shu dan tefnut akan terbentuk dewa bumi (Geb) dan dewa angkasa (Nut), sedangkan manusia pertama yang ada di bumi berasal dari air mata dewa matahari.

Proses terbentuknyaalam semesta dan manusia ini juga dijelaskan dalam ayat Alquran surat Al-Furqan ayat 54 : ”Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu mempunyai keturunan dan musaharah dan Tuhanmu adalah Maha kuasa”.

Musaharah artinya hubungan kekeluargaan yang berasal dari hubungan pernikahan, seperti menantu, ipar, mertua, dan sebagainya. Selain itu, penciptaan alam semesta dijelaskan dalam Al-Furqan ayat 59 : ”Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy, (Dialah) yang Maha Pengasih, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada orang yang lebih mengetahui (Muhammad)”. Subhanallah!

Teori big bang yang diungkapkan oleh para ilmuwan dapat menjadi pengetahuan secara umum. Teori tersebut dilakukan dengan berbagai penelitian tetapi kita dapat meyakini hal lain dalam proses penciptaan alam semesta.

Selanjutnya : Makanan Bayi Umur Tiga Bulan
Sebelumnya: Jelaskan Jenis-jenis Kata-kata Ulang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar