Pentingnya Memahami Teori Ekonomi Impor dan Ekspor


Memahami mengenai berbagai teori ekonomi impor dan ekspor akan memberikan banyak manfaat. Impor dan ekspor adalah kegiatan perdagangan internasional yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lain untuk mendapatkan keuntungan dan mencukupi kebutuhan masyarakat suatu negara. Yang dimaksud dengan ekspor adalah kegiatan yang dilakukan dengan menjual baik barang ataupun jasa ke negara yang lain. Sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang ataupun jasa dari negara yang lain.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan impor dan ekspor ini, di antaranya sebagai berikut:

1.    Kegiatan impor dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan suatu barang ataupun jasa yang tidak dimiliki oleh negara ataupun jika ada pun tersedia jumlahnya tidak bisa mencukupi.

2.    Kegiatan impor dan ekspor juga sangat penting dalam meningkatkan daya saing produsen dalam negeri untuk mengembangkan produk dan jasanya.

3.    Kegiatan ekspor dilakukan untuk mendapatkan atau menambah cadangan devisa negara yang didapatkan dari sejumlah uang dari luar negeri masuk  ke dalam negeri.

Dalam konteks perdagangan internasional, dikemukakan dalam teori ekonomi internasional bahwa kegiatan impor jauh lebih penting dibandingkan ekspor. Hal ini tentu  berbeda dari anggapan sebagian pihak yang mengatakan justru kegiatan ekspor lebih penting bagi negara. Namun pada kenyataannya, impor sangatlah penting dilakukan untuk bisa memenuhi segala kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dipenuhi dari dalam negeri.

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan manusia, Indonesia kerap melakukan ekspor ke luar negeri, meliputi ekspor minyak dan gas, dan ekspor dari sektor nonminyak dan gas seperti karet, mesin otomotif, kayu, logam, pakaian, furniture, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Semakin tahun, volume serta jenis komoditas yang diekspor selalu mengalami peningkatan. Hal ini tentu sebuah kabar yang menggembirakan, sebagai sebuah pertanda bahwa produksi dalam negeri bisa bersaing dengan produk buatan luar negeri.

Sementara Indonesia juga melakukan impor pada beberapa komoditas terutama mesin pesawat, peralatan listrik, besi, kendaraan, dan lain sebagainya, Indonesia menjalin dengan berbagai negara untuk aktifitas impor ini seperti dengan negara ASEAN, Eropa dan Amerika.

Semoga dengan memahami teori ekonomi impor dan ekspor ini, kita bisa semakin memahami apa dan bagaimana urgensi dari kegiatan perdagangan internasional yang dilakukan oleh negara di dunia termasuk Indonesia.

Selanjutnya : Tujuan Bisnis Plan
Sebelumnya: Mengenal Organisasi Perdamaian Asean
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar