Teori Motivasi Membaca


Teori motivasi membaca adalah teori motivasi yang diaplikasikan untuk mendorong minat dan kegemaran anak untuk membaca.
Teori motivasi David Mcclelland menjelaskan bahwa ada tiga hal yang mendasari motivasi anak untuk membaca, yaitu sebagai berikut.

Kebutuhan akan Prestasi/Pencapaian – The  Need for Achievement (n-ach)
Kebutuhan ini didasari oleh  perasaan positif dan senang yang timbul dari prestasi serta pujian dan imbalan dari kesuksesan yang dicapai. Selain itu juga adanya pengakuan dan penghargaan dari pihak lain. Anak berprestasi di sekolah atau juara cerdas cermat karena rajin membaca.

Kebutuhan akan Kekuasaan – The Need for Authority and Power (n-pow)
Kebutuhan ini didasari oleh keinginan seseorang untuk mengatur atau memimpin orang lain, baik secara pribadi maupun secara sosial. Dengan membaca anak akan banyak tahu dan berwawasan luas.

Kebutuhan akan Afiliasi / Keanggotaan – The Need for Affiliation (n-affil)
Kebutuhan didasari oleh keinginan untuk mendapatkan atau menjalankan hubungan yang baik dengan orang lain dimana orang merasa ingin disukai dan diterima oleh sesamanya. Anak bisa rajin membaca karena ia tinggal di lingkungan keluarga yang hobi membaca/berteman dengan anak-anak yang gemar membaca.

Teori motivasi untuk meningkatkan minat baca pada anak dapat dilakukan dengan membelikan atau menyediakan buku bacaan di rumah, membacakan buku dongeng atau buku cerita sebelum anak tidur dan membatasi waktu anak menonton televisi. Selain itu mekanisme reward and punishment juga dapat diterapkan pada anak dengan memberinya hadiah ketika mampu menyelesaikan membaca dua buku satu minggu, selain buku pelajaran atau mengurangi uang jajannya ketika dia tidak membaca satu buku pun dalam seminggu.

Teori motivasi untuk mendorong anak senang membaca dapat Anda terapkan dengan memberikannya buku bergambar yang berwarna, membacakan cerita dengan suara keras dan gaya bercerita yang menarik, duduk bersama anak atau memangku anak ketika ia sedang membaca, dan budayakan dalam keluarga memberikan buku sebagai hadiah.

Tips memotivasi membaca pada anak dapat dilakukan salah satunya dengan selalu berbagi bacaan yang Anda baca, kenalkan kosakata baru, ceritakan hal yang menarik, dan jika memungkinkan buatlah ruang membaca atau perpustakaan mini agar anak betah membaca berbagai buku di dalamnya.
Anda sebaiknya menerapkan teori motivasi membaca kepada putra-putri Anda sejak dini dan tanamkan kepada anak bahwa banyak orang sukses karena membaca.

Selanjutnya : Tips Bumbu Sop yang Enak
Sebelumnya: Tip Pemakaian Baterai Laptop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar