Teori Pascal dan Penerapannya dalam Kehidupan

Hukum-hukum fisika dalam fluida sering dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia dalam kehidupannya, salah satunya adalah prinsip hukum atau Teori Pascal. Namun, belum banyak masyarakat yang mengetahui hal tersebut. Oleh karena itu, diperlukan studi yang lebih mendalam mengenai hukum Pascal dan penerapannya dalam kehidupan.

Fluida

Loading...

Dalam Teori pascal menggambarkan tentang fluida. Fluida merupakan sebuah zat yang dapat mengalir, misalnya air, dan udara. Fluida secara teori terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu fluida statis artinya fluida yang tak bergerak dan fluida dinamis yang artinya fluida bergerak. Menurut hukum Pascal, tekanan yang diberikan terhadap zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan sama besar ke segala arah, sehingga tekanan yang masuk pada penghisap pertama sama dengan tekanan pada penghisap kedua. Penerapannya pun  diterapkan oleh perusahaan besar yang memproduksi kapal laut, dan kapal selam. Serta peralatan seperti dongkrak hidrolik, hingga pompa hidrolik.

Sejarah Hukum Pascal

Blaise Pascal merupakan seorang fisikawan Perancis yang lahir pada tahun 1962. Kecerdasan Pascal sudah terlihat sejak kecil. Pada usianya yang baru 18 tahun, ia sudah mampu membuat alat hitung digital yang saat ini dikenal sebagai kalkulator. Beliau pun terus tumbuh seiring dengan kecerdasan yang dimilikinya, dan terus melakukan eksperimen dan banyak peneltian yang tiada hentinya.

Hukum Pascal yang dibuatnya pun tanpa sengaja ditemukan ketika ia sedang bermain air, sambil menunggu antrian pengobatan penyakit kanker yang ia derita. Pascal meninggal pada tahun 1662 di usianya yang relatif muda yaitu 39 tahun. Namun usianya yang terbilang masih muda tersebut, beliau sudah banyak menciptakan teori yang saat ini diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam membuat produknya. Penerapan hukum Paskal ini dapat ditemukan pada rem mobil dengan sistem hidrolik.

Pascal yang termasuk kedalam bidang fisika, menjadi salah satu alat yang bisa membantu untuk kehidupan nyata. Contohnya seperti rem mobil, jika mobil tidak memiliki rem maka sudah dipastikan mobil tersebut tidak bisa berhenti. Ini sangat membatu sekali untuk seluruh masyarakat, karena dengan mobil sangat membantu untuk berpergian jarak jauh, selain itu bisa mempermudah dalam mencapai suatu tempat dengan waktu yang sangat efisien.

Inilah pengetahuan tentang teori pascal yang bisa dijadikan alat bantu untuk kehidupan. Jika dipelajari dengan sungguh-sungguh, akan menemukan banyak sekali manfaat yang ada dalam pascal. Dan bisa dijadikan sebagai ilmu yang membantu dalam bidang fisika.

Loading...
Selanjutnya : Kozuii Slimming Belt: Definisi dan Keunggulan
Sebelumnya: Rencana Tambang Masa Depan Luar Angkasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar