Teori Produsen (Pengertian dan Fungsi Produksi)

Teori produsen ialah teori yang menggambarkan tentang aktifitas kegiatan produksi dalam jangka waktu pendek, antara tingkat produksi dengan jumlah faktor produksi serta hasil output penjualan. Produksi jangka pendek ialah salah satu bagian dari faktor produsen ketika melakukan proses produksi. Agar tujuan tersebut tercapai ada dua macam keputusan yang harus diambil:

1. Berapa banyak hasil yang harus diproduksi
2. Berapa serta bagaimana faktor-faktor produksi (input) diberdayakan.

Fungsi-fungsi Produksi

Fungsi-fungsi produksi ialah relasi antara faktor-faktor produksi (modal, tenaga kerja, tanah, keahlian, kemampuan wirausaha) dan tingkat tingkat produksi yang dihasilkan.

Q    = f (K, L, R, T)

Q     =  Jumlah Produksi yang didapatkan dari berbagai macam factor produksi
K     =  Jumlah Modal
L     = Jumlah tenaga kerja yang terlibat
R    = Sumber Daya Alam yang dimiliki
T    = Pemanfaatan teknologi

Dalam teori produksi d jelaskan tentang korelasi antara tingkat produksi suatu barang dengan banyaknya jumlah tenaga kerja guna mendapatkan hasil produksi barang sementara faktor produksi lain jumlahnya tetap.

Sementara teori produksi mempunyai dua teori yang berubah, dua teori tersebut sebagai berikut:

1. Kurva produksi sama (isoquant). Ialah kurva yang memperlihatkan dua faktor produksi yang akan di menampilkan tingkat produksi yang sama. Sementara untuk fungsi isoquant rumusnya adalah Q = TK.M (standard).

2. Garis biaya yang sama (isocost). Ialah digunakan untuk melakukan penghematan biaya produksi tapi mengoptimalkan keuntungan (margin), perusahaan haruss meminimalisasi ongkos produksi.

Untuk membuat analisa berkenaan dengan penghematan ongkos produksi kiranya dibuat garis biaya sama atau isocost. Garis ini akan memperlihatkan gambaran penyatuan faktor-faktor produksi yang dapat dihasilkan dengan memakai sejumlah ongkos tertentu

Di dalam teori ekonomi, yang dimaksud fungsi produksi dipahami tunduk pada ketentuan suatu hukum yang dinamakan ‘The Law of Diminishing Return’ atau Hukum Kenaikan Hasil Berkurang.

Maksud dari hukum ini ialah bahwa jika penggunaan satu macam input ditambah sedang input-input yang ada tetap maka, pada tambahan ouput yang diperoleh dari setiap tambahan satu unit input yang ditambahkan sebelumnya yang awalnya naik, tetapi selanjutnya turun apabila input tersebut terus di tambahkan.

Demikian penjelasan singkat tentang teori produsen, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Protein Bikin Pintar, Mitos atau Fakta?
Sebelumnya: Download Film di Situs Film Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar