Teori Susunan Bumi


Bumi adalah sebuah planet yang ditinggali oleh mahluk hidup. Beberapa ilmuwan pernah menyebutkan teori-teori terbentuknya bumi meskipun teori ini tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Secara umum, semua benda-benda yang ada di angkasa ini termasuk bumi berasal dari gumpalan awan panas yang terbentuk karena adanya tekanan-tekanan tertentu. Berdasarkan teori pembentukan bumi, maka muncullah teori susunan bumi yang kebenarannya sendiri sudah teruji karena bisa diteliti secara langsung.

Teori Susunan Bumi

Teori tentang susunan bumi menjelaskan mengenai materi-materi penyusun bumi hingga bumi bisa dihuni oleh mahluk hidup. Materi pertama yang menyusun bumi yaitu lapisan udara yang menyebulunginya yang disebut sebaga atmosfer. Atmosfer ini memiliki ketebalan kurang lebih 640 km dari permukaan bumi dan terdiri dari beberapa jenis.

Atmosfer sangat berperan dalam kehidupan di bumi. Secara garis besar, atmosfer terdiri dari beberapa lapian yaitu lapisan troposfer, lapisan stratosfer, lapisan mesosfer dan lapisan termosfer. Lapisan-laisan ini memiliki fungsi sendiri misalnya saja untuk melingdungi bumi dari sinar matahari secara langsung, untuk melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa, untuk memancarkan radio dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Selain atmosfer yang menjadi salah satu penyusun bumi, ada lapisan lain yang juga dinyatakan sebagai materi penyusun bumi. Materi tersebut adalah kerak, selubung atau mantel dan inti.

Kerak merupakan materi atau lapisan yang paling luar dari permukaan bumi dimana bentuknya berupa batuan keras. Suhunya sangat dingin dan memiliki ketebalan sekitar 15-60 km. Para ilmuwan yang meneliti tentang teori susunan bmi ini menyatakan bahwa batuan yang paling atas mengalami elapukan sehingga terbentuk tanah yang saat ini menjadi tempat tinggal mahluk hidup di bumi.

Lapisan selanjutnya adalah selubung atau mantel yang berada di bagian bawah kerak serta memiliki keteblan mencapai 2900 km. mantel atau selubung ini berupa magma dengan suhu yang cukup panas yaitu sekitar 1400 sampai 2500 derajat celcius. Dan materi terakhir adalah inti yang berupa lapisan cair yang terletak paling dalam dari bumi atau biasa disebut sebagai inti bumi.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai teori susunan bumi yang dikemukakan oleh sebagian besar ilmuwan. Semua ini sudah berdasarkan penelitian yang ilmiah dan teori inilah yang sellau digunakan dalam pembelajaran mengenai bumi.

Selanjutnya : Gaya Model Modifikasi Motor
Sebelumnya: Teknik Perkawinan Cacing Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar