Teori-teori Sosial dari Karl Marx, Emil Durkheim, dan Max Weber


Teori-teori sosial dari dulu sudah banyak dikemukakan oleh banyak ahli yang terkemuka di bidang ilmu sosial. Adapun pengertian dari ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk sosial dan mempelajari tentang permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat, dengan harapan akan dapat ditemukan jalan keluar yang terbaik untuk mengatasinya.

Tokoh-tokoh pemikir sosiologi klasik yang terkenal sepanjang masa adalah Karl Marx, Emil Durkheim, dan Max Weber. Hasil dari pemikiran mereka memiliki pengaruh yang kuat dalam kehidupan sosial. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai ketiga tokoh tersebut.

Karl Marx 

Pelopor utama dalam gagasan sosialisme ilmiah. Terlahir di kota Trier, Jerman pada tahun 1818. Marx menerbitkan hasil pemikirannya yang besar dan penting di tahun 1847 di kota Brussel yaitu The Poverty Of Philosophy. Bersama dengan Friederich Engels, Marx menerbitkan karyanya yang kedua berjudul Communist Manifesto. Hasil karya ilmiah terpenting beliau yang berjudul Das Kapital terbit tahun 1867. Dan beliau meninggal pada tahun 1883 di Inggris. Hasil karya beliau banyak merumuskan dasar teoritis komunisme.

Emil Durkheim 

Seorang sosiologis yang dilahirkan di keluarga Yahudi di Epinal, Propinsi Lorraine, Perancis pada tanggal 15 April 1858. Beliau tokoh sosiologi yang memperbaiki metode berpikir sosiologis tidak hanya berdasarkan pada pemikiran logika filosofi tapi juga menjadikan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang mengangkat gejala sosial sebagai fakta-fakta yang dapat diselidiki. Teori-teori Emil Durkheim yang terkemuka adalah teori solidaritas, fakta sosial, teori bunuh diri, dan terakhir teori tentang agama.

Max Weber 

Dilahirkan di Erfurt, Jerman, 21 April 1864, Weber berasal dari keluarga kelas menengah. Ayahnya seorang birokrat dan memiliki kedudukan politik yang penting. Sedangkan ibunya seorang Calvinis yang taat, sehingga perhatiannya banyak ditujukan untuk kehidupan akhirat.

Sumbangsih Max Weber sebagai pemikir sosilogi klasik banyak memberikan pemikiran pada sistem Economy and Society dan General Economic History. Dan hasil karya beliau berjudul The Protestant Ethic And The Spirit of Capitalism, menjelaskan bahwa agama Protestan memberikan pengaruh besar pada sistem ekonomi kapitalis. Dan pada Economy and Society beliau berpendapat bahwa tindakan sosial dan sistem politik mempengaruhi sistem ekonomi.

Itulah ketiga tokoh pemikir dari teori-teori sosial klasik, yang hasil karyanya masih memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Dan teori-teori mereka masih menjadi pembahasan diperkuliahan hingga saat ini.

Selanjutnya : Cara Mudah dan Praktis Membuat Pastel Basah
Sebelumnya: Cara Membentuk Bangun Ruang Balok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar