Tequila Minuman Asli Mexico

Tequila, minuman asli dari Mexico merupakan hasil penyulingan dari tanaman Agave. Sejenis tanaman kaktus berduri yang berdaun panjang, oval dengan ujung meruncing.  Untuk membuat Tequila, Agave yang diambil adalah azul atau agave biru. Nama tequila diambil dari nama sebuah kota di luar mexico yang merupakan tempat asal tanaman agave biru. Tequila dianggap sebagai minuman paling digemari di seluruh dunia.

Biasanya, minuman ini dihidangkan dengan sedikit garam dan perasan air jeruk nipis. Namun, ada juga yang meminumnya dengan cara menaburkan sedikit garam di ujung jari dan kemudian, dengan sekali sesap, meneguk tequila, lalu dilanjutkan dengan menyesap sedikit air jeruk nipis untuk mengurangi rasa pahit yang timbul.

Tequila dibuat dengan cara memotong-motong dan kemudian menghancurkan bonggol agave biru menjadi semacam pulp agak kasar.  Setelah itu ”bubur” agave dipanaskan selama kurang lebih 55 jam.

Tujuannya agar bubur agave menjadi sangat lunak dan mudah untuk diambil sarinya. Setelah distilasi atau pengambilan sari agave, mulailah tahap pemeraman tequila. Jus yang diperoleh kemudian diperam dalam tabung-tabung besar bersuhu tertentu selama 5—6 hari.

Setelah proses pemeraman pertama, tequila setengah jadi ini dipindahkan ke dalam barel-barel kayu (oak) guna pemeraman tahap kedua. Pemeraman tahap kedua ini memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Tequila sedikitnya harus mengandung kadar alkohol sebanyak 55% agar ia siap untuk dikonsumsi (betapa pahitnya tequila dengan kandungan alkohol sedemikian tinggi, kan?).

Konon kabarnya semakin lama diperam, tequila akan semakin mahal harganya. Hanya saja, tequila hanya boleh disimpan maksimal 5 tahun karena akan ditumbuhi jamur.

Berdasarkan waktu pemeramannya, tequila terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Plata. Tequila ini hanya mengalami fermentasi sampai tahap pertama. Untuk itu, rasanya sangat ringan dan warnanya pun masih bening.

2. Joven Abocado atau Tequila gold. Tequila jenis ini adalah plata yang diberi tambahan warna caramel yang dalam bahasa spanyol disebut oro.

3. Reposado. Tequila ini diperam dalam oak selama 2 bulan hingga 1 tahun.

4. Anejo dan Muy anejo. Tequila ini termasuk tequila super premium. Dibuat dari hasil pemeraman dalam oak selama minimal 1 tahun untuk Anejo dan 2 tahun untuk Muy Anejo.

Begitulah proses pembuatan tequila beserta jenis-jenisnya. Bagaimana, apakah Anda berniat menjadikan tequila minuman kegemaran Anda?

Loading...
Selanjutnya : Hati-hati dengan Gejala Kanker Getah Bening
Sebelumnya: Pemahaman Syiah Menurut Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar