Bagaimanakah Terbentuknya Batuan Beku


Batu adalah benda yang sangat mudah ditemui di sekitar kita. Batu dan tanah seakan menjadi dua hal yang berbeda. Batu dapat dengan mudah ditemukan karena jumlahnya yang banyak.

Selain jumlah yang banyak, batu juga mempunyai banyak manfaat. Batu juga dipelajari di dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, salah satu materi yang diajarkan adalah bagaimanakah cara terbentuknya batuan beku.

Batuan yang ada di alam kita sangat banyak jumlahnya. Berbagai peristiwa yang terjadi di bumi ini menjadikan batu mempunyai sangat banyak jenis. Misalnya, jenis batu yang yang terjadi karena proses pembekuan disebut dengan batuan beku.

Jumlah batuan beku sangat banyak, apalagi di daerah yang dilewati oleh lava gunung berapi. Salah satu gunung yang banyak menghasilkan batuan beku adalah Gunung Merapi.

Gunung Merapi ketika sedang beraktivitas banyak mengeluarkan lava dari dalam perut gunung. Lava tersebut berwarna merah menyala dan sangat panas. Panas dari lava dapat mencapai ribuan derajat.

Setelah gunung beraktivitas dengan mengeluarkan lava, lava tersebut menuruni lereng gunung. Setelah menuruni lereng gunung dan terkena udara, lama-kelamaan lava tersebut akan menjadi dingin karena bersentuhan dengan udara yang juga material lain.

Setelah mengalami proses tersebut, maka lava dapat membeku dan menjadi batuan beku. Batuan beku tersebut kemudian mengalir mengikuti aliran air.  Batuan beku itu mengalir dari Gunung Merapi dan melalui Sungai Gendol, Sungai Putih, dan masih banyak yang lain.

Batu beku tersebut sangat bermanfaat bagi manusia, karena dapat dijadikan sebagai alat untuk mencari nafkah. Orang kemudian banyak yang berprofesi sebagai tukang pencari batu atau pun pemecah batu, apalagi yang tinggal di sepanjang aliran sungai gunung yang masih aktif. Batu-batu tersebut kemudian dijual dan mereka pun akan mendapatkan uang untuk keperluan sehari-hari.

Kebutuhan akan batu tidak akan pernah berhenti, karena batu digunakan untuk membangun rumah. Dan pembangunan rumah atau pun gedung hingga sekarang tidak berhenti.

Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimanakah terbentuknya batuan beku karena dapat dijadikan tambahan pengetahuan bersama.

Selanjutnya : Baju Pelindung Badan
Sebelumnya: Sejarah Trio Libels Oh Gadisku Sayang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar