Beberapa Terjemahan Kalimat dalam Bahasa Asing


Terjemahan kalimat dalam bahasa asing sepertinya menjadi suatu kendala yang sangat diperlukan solusinya, terutama pada saat Anda belajar atau bekerja. Banyak istilah yang digunakan dalam berbagai kamus, buku, dan media referensif lainnya yang menggunakan bahasa asing sebagai petunjuk atau pedoman pembacaan naskah.

Hal ini tentu menjadi suatu kendala yang menghambat proses kreativitas kita. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran singkat sehingga kita bisa memahami maksud dan tujuan dari kalimat-kalimat dalam bahasa asing tersebut. Jika Anda bukan tipe orang yang malas, sebaiknya memelajari sedikit bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang digunakan hampir di setiap petunjuk atau pedoman yang bersifat general. Dengan begitu, tidak akan kewalahan saat harus menemui kalimat-kalimat berbahasa asing dalam sebuah bacaan.

Sebagai contoh, kita sering menemukan kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris di layar komputer. Pertama, pelajari terlebih dahulu kalimat-kalimat tersebut sehingga Anda juga bisa memahami petunjuk-petunjuk yang ada di dalamnya saat mempergunakan komputer.

Kata ‘home’ merujuk pada rumah. Namun, dalam penggunaan perangkat teknologi, kata tersebut berarti beranda tempat semua informasi dapat ditampung. Kata ‘Insert’ berarti memasukkan data yang diperlukan dalam pengelolaan informasi di dalam komputer. Kata ‘View’ merujuk pada langkah untuk melihat hasil yang telah dilakukan dari pengolahan data tersebut.

Sementara itu, kalimat atau kata-kata asing yang sering muncul dalam wilayah internet adalah kata ‘upload’ yang berarti mengunggah dan kata ‘download’ yang berarti mengunduh. Selain memelajari kata-kata yang terdapat dalam perangkat teknologi komunikasi yang biasa Anda gunakan, pelajari pula kalimat-kalimat atau kata-kata berbahasa Indonesia yang diserap dalam bahasa asing. Seperti investasi, spesifikasi, klasifikasi, dan semua serapan bahasa Inggris yang jika diterjemahkan berarti proses.

Kata-kata tersebut bisa langsung kita ingat karena sangat dekat dengan bahasa aslinya. Misalnya saja, kata ‘specification’ berarti ‘spesifikasi’, ‘invest’ berarti ‘investasi’ dan kalimat atau kata lain yang sekiranya masuk ke dalam jajaran bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa asing. Dengan memahami sedikit demi sedikit kata-kata yang terdapat di dalam komunikasi visual perangkat teknologi yang digunakan, maka kita pun akan mudah memahami terjemahan kalimat dalam bahasa asing jika ditemukan pada media atau perangkat lainnya.

Selanjutnya : Inilah 10 Gempa Terdahsyat di Dunia
Sebelumnya: Kinerja Karyawan dalam Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar