Tesis Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa


Banyak yang mencari informasi tentang tesis pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di mesin pencari google. Barangkali hal ini karena pembahasan ini cukup menarik dan bisa terus berkembang. Pembahasan ini umumnya berada pada ranah ilmu kependidikan dan tidak terbatas pada satu disiplin ilmu. Apa yang membuat pembahasan ini menarik dan dijadikan bahan penelitian akhir program magister?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa alasan yang mengemuka. Alasan-alasan tersebut dirangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan contoh tesis tentang materi tersebut. Alasan-alasan itu meliputi hal berikut.

1. Pembahasan tentang pengaruh disiplin belajar dan prestasi belajar terus berkembang dari waktu ke waktu. Mengingat ini penelitian sosiologis, akan selalu ada perubahan dari tiap penelitian di satu masa dan di masa lainnya.

2 Objek penelitian ini cukup mudah karena umumnya objeknya adalah sekolah.

3. Pengumpulan data lapangan pada penelitian ini  tergolong mudah.

Lalu, apa yang hendak dicapai para penliti dalam melakukan penelitian ini? Semua penelitian pasti punya tujuan, termasuk penelitian yang memakai pendekatan sosiologis ini. Tujuan umum dari penelitian ini adalah:

1. Menggambarkan hubungan pengaruh motivasi belajar  siswa terhadap hasil prestasi belajar mereka.
2. Mengetahui dampak dari cara  disiplin siswa  terhadap prestasi belajar.
3. Mengidentifikasi  besar kecilnya motivasi belajar siswa-siswi di suatu sekolah tertentu.

Selain alasan tersebut, penelitian dengan pembahasan ini memiliki manfaat yang cukup penting. Manfaat-manfaat tersebut tidak hanya berguna bagi siswa-siswa tetapi juga bagi para penliti itu sendiri. Manfaat  penelitian yang membahas pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar ini adalah:

1. Penelitian ini akan bermanfaat karena akan menjadi tolak ukur dalam mengetahui semangar belajar siswa
2. Untuk guru, penelitian ini dapat menjadi semacam pemicu untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
3. Bagi penelitinya sendiri, penelitian ini dapat dijadikan pengalaman dan pelajaran yang berharga.

Itulah gambaran tentang mengapa banyak sekali penelitian berupa tesis pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Namun, pada dasarnya, penelitian jenis ini juga bisa ditemukan pada penwlitian program sarjana (skripsi). Hanya saja perbedaannnya terletak pada penelitian tesis lebih mendalam.

Selanjutnya : Tiga Perang yang Diikuti Abu Bakar as Shidiq dan Nabi Muhammad
Sebelumnya: Contoh Penerapan Teknologi Tepat Guna Kesehatan dalam Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar