Tidak Ada Mukjizat untuk Manusia, Hanya Nabi yang Memilikinya

Mukjizat merupakan sebuah anugerah yang diberikan Tuhan kepada nabi dan rasul. Hal ini bertujuan agar para pembawa pesan tersebut  bisa membuktikan keagungan dan kebenaran Tuhan Yang Maha Essa, Allah Swt. Mukjizat merupakan pemberian khusus kepada para nabi. Tidak ada mukjizat untuk manusia yang diberikan Tuhan. Manusia yang mengaku mendapat mukjizat itu takabur dan musrik.

Mukjizat sendiri artinya melemahkan. Kata tersebut berasal dari bahasa Arab “ajaza” yang berarti lemah. Pada perkembangan sejarah Islam  sendiri, mukjizat  dimaknai sebagai sebuah kejadian-kejadian besar sebagai bukti “kuatnya” nabi dan rasul dalam menghadapi orang-orang yang membencinya, dalam hal ini lawan-lawannya. Lalu, siapa sajakah nabi dan rasul yang mendapatkan mukjizat? Berikut beberapa contohnya yang terkenal.

1. Daud, mukjizat yang diberikan pada Nabi Daud adalah bisa berbicara dengan burung serta mampu membuat lunak besi hanya dengan tangan.

2. Ibrahim, mukjizat dari ayahnya Nabi Ismail ini adalah kebal dari panasnya api.

3. Yusuf, tidak ada yang  lebih indah selain mukjizat bahwa Nabi Yusuf merupakan lelaki tertampan

4.  Yunus, hidup dalam perut ikan selama 36 jam hanya bisa dilakukan oleh Nabi yang satu ini.

5. Musa, tongkatnya yang bisa berubah menjadi ular serta membelah lautan merupakan salah satu mukjizat terhebat.

6. Isa, Mukjizat yang sangat luar biasa dari Nabi sebelum Muhammad ini adalah bisa menyembuhkan orang yang sekarat sekalipun.

7. Muhammad, nabi terakhir ini memiliki mukjizat yang besar yaitu Al-Quran. Muhammad dikenal sebagai nabi yang tidak bisa menulis dan membaca. Namun khusus Al– Quran beliau mampu melakukan kedua hal tersebut.

Dari uraian di atas, jelas mukjizat hanya diturunkan pada nabi dan rasul. Jika ada manusia ada yang mengaku memiliki kelebihan dibandingkan manusia lainnya, maka sesungguhnya ia tidaklah diberi mukjizat.

Hal tersebut disebut sebagai Karomah. Jika ada sesuatu yang luar biasa pada manusia, baik peristiwa maupun kekuatan, itu adalah Karomah. Jadi sangat jelas bahwa mukjizat hanya diberikan pada nabi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang mukjizat. Dari uraian-uraian di atas dapat diketahui bahwa memang tidak ada mukjizat untuk manusia, yang ada hanyalah Karoman. Mukjizat hanya milik nabi dan rasul.

Selanjutnya : Pengaruh Kekuasaan dalam Politik
Sebelumnya: Perbandingan Kamera DSLR Nikon dengan Canon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...