Tiga Jenis Perusahaan yang Tergabung dalam BUMN


Tiga jenis perusahaan yang tergabung dalam BUMN merupakan pembahasan kita kali ini. Badan usaha miliknegarabisa kita lihat dimana modal usaha baik seluruh atau sebagian besar modal yang dimilikinya pemiliknya adalahnegara dalam hal ininegaramemisahkan sebagian dari kekayaannegara untuk diinvestasikan sebagai modal di dalam BUMN.

Selain itu bentuk dari BUMN bisa berupa perusahaan nirlaba di mana tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan memberikan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk barang dan jasa.Seluruh BUMN yang ada bernaung di bawah Kementerian BUMN dengan dipimpin oleh menteri BUMN sejak tahun 2001.

Di Indonesia bentuk-bentuk BUMN bisa dalam bentuk perusahaan perseroan, perusahaan umum, dan perusahaan jawatan, namun pada saat ini BUMN yang berbetuk perusahaan jawatan telah dialihkan status badan hukumnya menjadi bentuk badan hukum yang lain.Suatu perusahaan bisa kita ketahui apakah BUMN atau tidak dengan melihat ciri-cirinya, adalah:

1. Badan usaha dikuasai dan sebagian besar dimiliki olehnegara.
2. Pemerintah melakukan pengawasan secara hirarki dan fungsional.
3. Pemerintah mempunyai kekuasaan yang kuat di dalam roda kegiatan usaha.
4. Pemerintah bertanggung jawab atas semua risiko yang bisa timbul dari adanya kegiatan ekonomi tersebut.
5. Kewenangan pemerintah untuk menetapkan kegiatan usaha.
6. Sebagai salah satu sumber dana untuk pendapatannegara, dan lain-lain.

Perusahaan BUMN

Perusahaan-perusahaan BUMN bisa kita lihat di bawah ini, yaitu:

1. Perhutani adalah badan usaha miliknegaradengan bentuk Perusahaan Umum (Perum) di mana mengelola hutan sebagai salah satu sumberdaya alam di Pulau Jawa dan Madura yang mempunyai peranan yang penting untuk lebih memerhatikan hutan agar bisa lebih lestari, sosial budaya terpelihara, dan peningkatan ekonomi dibidang kehutanan.

2. Antam (Aneka Tambang )adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri pertambangan yang menghasilan produk nikel, emas dan mineral lainnya, yang bertujuan selain memenuhi kebutuhan dalam negeri namun juga untuk tujuan ekspor.

3. Balai Pustaka sebagai perusahaan penerbitan dan percetakan miliknegara yang dalam kiprahnya selama ini sudah menerbitkan kurang lebih per tahunnya sekitar 350 judul yang terdiri dari buku referensi, keterampilan, sastra, sosial, politik, agama, ekonomi, kamus,dan penyuluhan

Diharapkan kedepannya tiga jenis perusahaan yang tergabung dalam BUMN ini bisa semakin berkembang demi peningkatan perekonomian di Indonesia. Dan menjadi salah satu bagian yang dapat menghasilak devisa yang besar bagi negara Indonesia.

Selanjutnya : Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami
Sebelumnya: Tentang Kehidupan Wayne Rooney
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar