Tiga Nama Gurun Terbesar di Dunia

Tahukah kamu nama gurun terbesar di dunia? Gurun Sahara? Atau Gurun Gobi? Atau Padang Pasir Arabia. Tiga nama gurun yang disebutkan tadi memang merupakan gurun yang terbesar di dunia.

Namun, gurun yang paling besar di dunia adalah Gurun Sahara. Kalau kamu penasaran dengan gurun-gurun terbesar di dunia, berikut ini ulasan mengenai tiga gurun terbesar di dunia.

Gurun yang mendapat predikat sebagai gurun terbesar di dunia adalah Gurun Sahara. Gurun ini terletak di Afrika Utara dan membentang luas melewati beberapa negara, seperti Aljazair, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Moroko, Nigeria, Sudan, dan Tunisia.

Luas Gurun Sahara adalah 9.100.000 km². Pada sebelah utara, gurun ini berbatasan dengan Laut Tengah. Pada sebelah timur, gurun ini berbatasan dengan Laut Merah dan Mesir.

Pada sebelah selatan, gurun ini berbatasan dengan Sudan dan Lembah Sungai Niger. Pada sebelah barat, gurun ini berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Gurun kedua terbesar di dunia setelah Gurun Sahara adalah Padang Pasir Arabia. Padang Pasir Arabia ini terbentang di Semenanjung Arab.

Padang pasir ini membentang dari Yaman, Oman, Irak, Kuwait, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Luas Padang Pasir Arabia ini adalah 2.330.000 km².

Pada sebelah barat daya, gurun ini berbatasan dengan Laut Merah dan Teluk Aqabah. Pada sebelah tenggara, laut ini berbatasan dengan Laut Arab. Pada sebalah timur laut, gurun ini berbatasan Teluk Oman dan Teluk Persia.

Gurun ketiga terbesar di dunia adalah Gurun Gobi. Gurun Gobi ini membentang di Republik Rakyat Cina bagian utara dan barat serta Mongolia bagian selatan.

Gurun ini luasnya adalah 1.300.000 km². Tidak seperti Gurun Sahara dan Padang Pasir Arabia yang wilayahnya hanya terdiri dari padang pasir, wilayah Gurun Gobi terdiri dari batu telanjang dan memiliki beberapa ekologi yang unik.

Pada sebelah utara, gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Altay dan Padang Rumput Mongolia. Pada sebelah barat daya, gurun ini berbatasan dengan Dataran Tinggi Tibet. Pada sebelah tenggara, gurun ini berbatasan dengan Dataran Cina Utara.

Sebenarnya masih banyak gurun-gurun lain yang termasuk gurun yang besar. Namun, tiga gurun yang telah disebutkan di atas memang merupakan tiga nama gurun terbesar dan terluas di dunia.

Loading...
Selanjutnya : Tokoh-tokoh Wayang Pandawa Lima
Sebelumnya: Pengertian Gaya Kuasa Titik Tumpu Gaya Beban dalam Fisika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar