Tiket Kereta Api Pasar Senen-Jogja yang Terjangkau


Berapa harga tiket kereta api Pasar Senen-Jogja? Ternyata harga tiket yang menghubungkan  antara Daerah Khusus Ibu kota Jakarta dengan Daerah Istimewa Yogyakarta tergolong murah.

Bayangkan jarak yang cukup panjang ini hanya dihargai dengan harga Rp90000 saja. Untuk sebuah jarak yang melewati dua provinsi, harga tersebut tergolong sangat terjangkau. Lantas apa yang menyebabkan harganya sangat terjangkau? Ternyata, kereta api  Progo lah penyebabnya.

Kereta Api Progo atau KA Progo adalah kereta api yang melakukan perjalanan dari stasiun Lempuyangan, Yogyakarta  menuju Pasar Senen Jakarta, begitu pun juga sebaliknya. Kereta api ini sudah lama berdiri  dan sempat mengalami penataan ulang pada tahun 80-an.

Awalnya kereta yang dulunya bernama kereta api Senja ini menghubungkan Yogyakarta-Gambir. Namun seiring berjalannya waktu, jalur pun diubah menjadi Stasiun Lempuyangan-Pasar Senen.

Pada perkembangannya, kereta api  ini berubah nama menjadi Kereta Api Empu Jaya. Nama tersebut adalah singkatan yang diambil dari nama Lempuyangan-Jakarta Raya.

Karena banyaknya kecelakaan, tahun 2002, Kereta Api Empu Jaya berganti nama menjadi Kereta Api Progo. Nama ini diambil dari nama sungai yang memidahkan tiga di Yogyakarta, yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul.

Sebagai informasi, kereta api ini melewati banyak stasiun. Stasiun-stasiun tempat kereta ini berhenti, antara lain.

1.    Stasiun Jatinegara,
2.    Stasiun Bekasi
3.    Stasiun Cikampek
4.    Stasiun Pegadenbaru
5.    Stasiun Cirebon
6.    Stasiun Purwokerto
7.    Stasiun Kroya
8.    Stasiun Gombong
9.    Stasiun Karanganyar
10.    Stasiun Kebumen
11.    Stasiun Kutoarjo
12.    Stasiun Jenar
13.    Stasiun Wojo,
14.    Stasiun Wates,
15.    Stasiun Sentolo, dan
16.    Stasiun Patukan

Untuk jadwal keberangkatan kereta ini berangkat pada pukul 20.30 WIB dari Stasiun Pasar Senen, Kereta akan tiba di Stasiun Lempuyang pada pukul 06.50 WIB. Jadwal pemberangkatan berbeda waktu jika berangkat  dari Stasiun Lempuyangan. KA Progo akan berangkat  pada pukul 16.45 WIB dan  akaan tiba di Stasiun Pasar Senen  sebelum dini hari yaitu pada pukul 01.51 WIB.

Demikianlah informasi tentang Kereta Api Progo. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjangkaunya harga tiket kereta api Pasar Senen-Jogja dengan menggunakan  KA Progo disebabkan karena kereta api ini sudah lama berdiri. Selain itu, kereta Api ini juga cukup terkenal dan mempunyai nilai historisnya sendiri.

Selanjutnya : Contoh Gurindam Berbentuk Nasihat - Gurindam Duabelas
Sebelumnya: Keramik Lantai Rumah Dan Keramik Dinding
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar