Tindakan Terhadap Hewan Langka


Harimau sumatera dan jalak bali adalah dua hewan yang langka. Maka dari itu kedua hewan tersebut dilindungi negara. Tindakan terhadap hewan langka harus dibedakan dengan hewan yang tidak dilingdungi. Contoh hewan yang tidak dilindungi adalah kerbau, sapi, ayam, bebek, kelinci, dan lain-lain. Sedangkan contoh hewan yang dilindungi adalah komodo, burung cendrawasih, badak, hariamau jawa dan lain-lain.

Pelestarian Hewan Langka

Ada beberapa apasan kenapa kenapa hewan tersebut harus dilindungi, pertama, hewan tersebut berada dalam daftar hewan langka dan dilindungi. Kedua, jumlah mereka semakin lama semakin menipis, sehingga jika tidak dilingdungi jumlahnya akan habis dan mereka pun akan punah. Ketiga, banyak orang yang mengicar keberadaan mereka, misalnya saja untuk diambil cula, kulit, atau pun gadingnya. Jika semua itu terus berlanjut, maka hewan-hewan langka akan cepat menjadi punah.

Banyak orang yang memburu hewan langka, alasannya karena hewan langka jika dijual harganya sangatlah mahal. Oleh karena itu mereka berlomba-lomba untuk menangkap hewan langka untuk dijual. Kedua, banyak yang tertarik untuk memelihara hewan-hewan langka tersebut, baik luar negeri atau pun dalam negeri. Padahal jika ketahuan telah membunuh, menangkap, atau pun memelihara hewan langka, dapat terkena hukuman.

Agar hewan langka tidak punah, ada beberapa tindakan terhadap hewan langka yang bisa dilakukan oleh masyarak. Pertama, berhenti menangkap dan memperdagangkan hewan langka. Bayangkan saja jika setiap hari ada orang yang menangkap hewan langka, padahal jumlah hewan tinggal 1000. Maka dalam jangka waktu sekitar 3 tahun, hewan langka akan musnah.

Hal ini sangatlah memperihatinkan. Padahal hewan langka adalah simbol bangsa yang menjadi kebanggan tersendiri. Banyak Negara di dunia yang tidak mempunyai hewan yang berharga tinggi seperti di Indonesia. Kedua, jika menemukan hewan langka segera melapor ke pihak terkait. Ketiga, jangan memelihara hewan langka. Karena hewan langka membutuhkan habitat yang baik dan juga tindakan terhadap hewan langka yang baik pula, dan segala kebaikan tersebut telah terdapat di alam secara natural.  Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Penyebab Tingginya Angka Pengangguran di Indonesia
Sebelumnya: Terjemahan Bahasa Indonesia Hunter x Hunter
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar