Tinggi dan Berat Badan Ideal Usia 16 Tahun

Masa remaja dan anak-anak merupakan masa pertumbuhan. Pada usia ini perubahan fisik banyak terjadi. Perubahan-perubahan itu meliputi perubahan bentuk tubuh, tinggi serta berat badan. Namun, sebagian remaja cukup resah dengan masalah ini.

Hal ini karena ada yang merasa badan dan tingginya tidak ideal untuk usia mereka. Lantas, berapa tinggi dan berat badan ideal usia 16 tahun itu?

Tinggi badan ideal itu sebenarnya bergantung pada berat bada. Hal ini karena jika berat badan ideal berarti tingginya tidak perlu dipermasalahkan apalagi jika masih rentang usia 16 tahunan. Berdasarkan standar berat badan ideal, rumus untuk menghitungnya adalah dengan rumus berikut ini.

BBI = (TB – 100) x 90%

BBI adalah berat badan ideal dan TB adalah Tinggi Badan (cm). Jadi, untuk mengetahui berat badan ideal adalah dengan rumus tersebut. Jika remaja berusia 16 tahun mempunyai tinggi  160 cm, maka perhitungannya adalah BBI = (160 cm – 100)  x 90 %  maka BBI = 60 cm x 90 %. Hasil dari perhitungan tersebut adalah 54. Nilai tersebut didapat dari BBI = (60 x 90) / 100. Jadi untuk tinggi 160 cm ideal berat badannya adalah 54 kg.

Jika berat badan tidak sesuai dengan tinggi, katakanlah tinggi badan 160 cm tetapi berat badan 65 kg, maka berat ini tidak ideal dan disarankan untuk menambah tinggi. Hal ini karena usia 16 masih dalam masa pertumbuhan, jadi meninggikan badam akan lebih baik. Supaya bisa tinggi ini, disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini.

1. Lakukan olahraga yang menunjang pertumbuhan. Olahraga jenis atletik akan sangat membantu dalam menambah tinggi badan. Selain itu berenang juga bisa menjadi pilihan tepat.

2. Perhatikan asupan makanan. Makanlah makanan yang tinggi kalsium serta vitamin D yang cukup membantu pertumbuhan.

3. Banyak minum air putih juga sangat berpengaruh. Air putih minimal 8 gelas tiap harinya membantu keseimbangan tubuh dan mendukung proses pertumbuhan.

Itulah penjelasan tentang tinggi dan berat badan ideal usia 16 tahun. Saran terakhir yang bisa disampaikan, yaitu tidak perlu galau dan risau apalagi stres hanya karena berat badan tidak ideal, berolahragalah dan hidup sehat adalah aksi yang lebih nyata dibandingkan mengeluh.

Loading...
Selanjutnya : Apa dan Mengapa Gereja Setan?
Sebelumnya: Keringat Di Kepala Mengkristal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar