Ukuran Tinggi dan Besar Gawang Lapangan Futsal


Tinggi dan besar gawang lapangan futsal sangat berbeda dengan sepak bola. Begitu pula soal aturan yang berlaku. Futsal sendiri bisa dibilang sebagai permainan sepak bola mini dalam ruangan atau indoor. Dengan demikian untuk ukuran, baik itu panjang lebar lapangan dan tinggi besar gawang sangat berbeda dengan aturan yang berlaku di sepak bola yang sesungguhnya.

Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Sebelum masuk ke aturan yang berlaku di futsal, mari kita lihat apa yang berlaku di sepak bola. Dalam sepak bola, luas lapangan yang digunakan yakni 100-110 m (panjang) X 64-75 m (lebar). Ukuran gawangnya yakni 2,5 m (tinggi) X 7 m (lebar). Jumlah pemain 11 orang termasuk 1 penjaga gawang. Lama permainan 2 X 45 menit dengan waktu istirahat 15 menit. Perpanjangan waktu dilakukan selama 2 X 15 menit.

Sedangkan untuk futsal, luas lapangan yang digunakan 25-42 m (panjang) x 15-25 m (lebar). Ukuran gawang futsal 2 m (tinggi) x 3 m (lebar). Jumlah pemain di lapangan 5 orang termasuk 1 penjaga gawang. Waktu yang diperlukan 2 X 20 menit dengan istirahat 10 menit. Perpanjangan waktu selama 2 X 10 menit.

Futsal, dewasa ini jadi salah satu olahraga favorit di kalangan anak muda, mahasiswa, bahkan karyawan kantoran. Tarif sewa lapangan futsal miliki rate hampir sama dengan tempat karaoke. Semakin malam maka tarifnya akan semakin mahal. Sebalikannya, pagi atau siang tarifnya murah.

Ukuran gawang yang sangat kecil akan membuat penjaga gawang atau kiper berjuang ekstra keras. Sebab, fokus penyerang untuk menendang bola ke gawang akan menjadi lebih sempit dan terarah. Ini berbeda dengan gawang sepak bola yang lebih besar dan lebar. Kiper memang tetap bekerja keras, namun intensitasnya berbeda dengan kiper futsal.

Tinggi dan besar gawang lapangan futsal yang super mini membuat kiper harus siap memeroleh tekanan tiap detik. Untuk itu, kiper harus berlatih khusus agar siap alami preasure ini. Latihan sederhana untuk kiper futsal, misalnya dengan memantul-mantulkan bola ke dinding sesering mungkin. Ini dilakukan agar penjaga gawang terbiasa dan sigap tatkala menghadang tendangan bola penyerang lawan.

Selanjutnya : Keunikan Rumah Joglo Jawa Timur
Sebelumnya: Mahkamah Internasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar