Tingkatan Klasifikasi pada Dunia Tumbuhan


Tingkatan klasifikasi pada dunia tumbuhan dibagi menjadi beberapa tingkatan. Definisi klasifikasi adalah pengelompokkan dari makhluk hidup yang telah didasarkan pada persamaan serta perbedaan ciri-ciri yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup. Sistem klasifikasi akan terbentuk kelompok makhluk hidup dengan beberapa macam tingkatan yang disebut dengan takson.
Berikut ini adalah urutan tingkat takson dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah :

1. Kingdom

Kingdom merupakan tingkatan takson tertinggi untuk semua makhluk hidup. Pada awalnya hanya ada dua kingdom yaitu Animalia untuk hewan serta tumbuhan yang disebut Vegetalia. Pada saat makhluk hidup yang memiliki sel satu telah ditemukan, temuan ini dipecah menjadi dua kingdom yakni yang dapat bergerak ke dalam filum Protozoa,  dan yang masuk ke dalam anggota divisi Prophyta serta Thallophyta.

Maka Ernst Haeckel pun menyarankan supaya hanya ada kingdom yang ketiga yakni Protista demi menampung makhluk hidup yang tak memiliki ciri klasifikasi yang jelas.

2. Divisi

Contoh tumbuhan yang berada di tingkat divisi yaitu spermatophyte (divisi tumbuhan berbiji)

3. Classis

Classis merupakan suatu kelompok berupa takson yang lebih rendah dari  divisi.

4. Ordo

Pada tumbuhan biasanya nama ordo umumnya diberi akhiran –ales. Contohnya : Rosales untuk bangsa bunga mawar

5. Famili

Famili yakni suatu kelompok organisme yang telah bersuku dekat dengan ciri-ciri yang sama. Untuk tumbuhan biasanya akan diberi akhiran –aceae Contoh : solaneceae termasuk keluarga kentang

6. Genus

Genus atau marga merupakan bentuk pengelompokan dalam klasifikasi makhluk hidup yang lebih rendah dari familia. Pada Genus memiliki kesamaan morfologi. Contoh : annona merupakan marga sirsak dan srikaya

7. Spesies

Spesies atau jenis merupakan takson yang digunakan dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu hingga beberapa kelompok individu yang serupa serta bisa saling membuahi satu sama lain  dalam kelompoknya.

Tingkatan klasifikasi dalam dunia tumbuhan dapat disimpulkan terbagi menjadi tujuh tingkatan yaitu divisi, ordo, genus, kingdom, clasiss, family, dan spesies. Semoga kita dapat mendapatkan ilmu lebih banyak lagi setelah membaca artikel ini.

Selanjutnya : Nama Game PS2 Terbaik
Sebelumnya: Barbie Boneka Paling Dicari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar