Tinjauan Teoritis adalah Penegasan Landasan Teori dalam Penelitian


Pengertian tinjauan teoritis adalah penegasan landasan teori yang dipilih peneliti dalam penelitian. Tinjauan teori berdasar sumber teorinya dibedakan menjadi dua. Pertama, tinjauan teori yang bersifat umum. Yaitu, tinjaun terori yang terdapat dalam buku teks. Kedua, tinjauan teori yang bersifat khusus. Yakni, tinjauan teori penelitian yang didapat dari laporan hasil penelitian. Misalnya, dalam karya tulis ilmiah atau di jurnal ilmiah dan profesional.

Dalam pemilihan teori itu sendiri wajib memenuhi tiga buah unsur. Tiga unsur ini, yakni relevansi, kelengkapan materi, serta kemutakhiran. Unsur pertama yakni releavansi, memiliki makna jika teori terpilih wajib sesuai dengan bidang penelitian terpilih. Misalnya, peneliti memilih tema penelitian tentang kurikulum pengajaran. Maka, ia harus gunakan teori yang sesuai dengan bidang kajiannya. Misalnya, teori pendidikan dan pembelajaran.

Unsur kedua, yakni kelengkapan. Memiliki makna jika pendekatan yang digunakan dalam penelitian wajib memiliki persoalan yang sama dengan pelbagai teori terpilih. Ini dilakukan untuk memetakan aliran yang muncul dalam sebuah pendekatan. Jika peneliti memilih aliran tertentu, maka ia harus bisa kemukakan alasan mengapa memilih aliran terpilih.

Unsur yang ketiga yakni kemutakhiran. Unsur ini terkait dengan perkembangan zaman. Sebuah teori terus berkembang senada dengan ilmu pengetahuan itu sendiri. Pola perkembangan yang terjadi cukup cepat dan bahkan tidak efektif jika diterapkan di zaman tertentu. Dengan demikian peneliti harus memilih teori yang bisa menutup celah itu atau sebuah teori yang mampu mencakup kemutakhiran di bidang yang diteliti.

Oleh karena itu, peneliti wajib pula lakukan tinjauan literatur. Ini dilakukan untuk studi perbandingan hasil penelitian di masa lalu dengan apa yang akan sedang diteliti. Penelitian di masa lampau bisa digunakan untuk mengungkap perbedaan, pro serta kontra, menelisik lebih jauh soal latar belakang, sehingga peneliti lebih jelas mendapat gambaran umum lebih jelas tentang topik yang akan dikaji.

Sekali lagi, tinjauan teoritis adalah penegasan landasan teori terpilih dalam sebuah penelitian ilmiah. Peneliti dalam penelitian ini wajib menyelesaikan masalah gunakan cara-cara ilmiah pula. Maka, pemecahan masalah yang ada didasari oleh pengetahuan ilmiah dalam proses interpretasi dan argumentasi. Sehingga, tatkala proses ini selesai akan hasilkan sebuah jawaban yang tidak perlu lagi diperdebatkan.

Selanjutnya : Proses Anyaman Buluh
Sebelumnya: Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian Bertema Pertanian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar