Tip Cara Memandikan Kelinci yang Benar


Bagaimana tip cara memandikan kelinci dengan baik dan benar, terutama kelinci hias? Mari kita bahas di sini apa saja yang harus kita lakukan dan kerjakan. Kelinci sebagaimana kucing, mereka juga dapat mandi sendiri tanpa harus kita mandikan. Hal tersebut dapat kita biarkan dalam kasus ringan, sedangkan dalam kasus yang berat tetap harus kita mandikan sendiri.

Kelinci yang diletakan dalam kandang sering menduduki atau menginjak kotorannya sendiri. Lama kelamaan, kotoran tersebut akan menempel dan bila kita biarkan akan menumpuk dipermukaan bulunya. Biasanya menempel di kaki dan pantat kelinci, tentunya akan merusak kecantikan dari kelinci hias kita.

Untuk itu, kita harus melakukan perawatan pembersihan dengan memandikannya, supaya tidak terserang penyakit akibat kotoran yang menempel tersebut. Persiapkan beberapa peralatan dan kebutuhan untuk mandi kelinci kesayangan kita tersebut. Berikut ini beberapa ha yang harus dilakukan.

  • Siapkan air hangat dalam bak mandi, jangan terlalu banyak volume airnya, cukup seperempat dari tinggi bak mandi. Sebelum kelinci di masukan ke dalam bak mandi, periksa suhu air apakah masih panas atau sudah hangat kuku. Setelah itu, masukan kelinci kita pelan-pelan hingga terbiasa dengan suhu air.
  • Ketika memandikan kelinci, sebaiknya tidak dikerjakan sendirian. Mintalah bantuan kepada keluarga yang lain untuk membantu kita memegang kelinci, sedangkan kita bertugas membersihkan dan menyikat kotoran yang ada tubuh kelinci.
  • Jangan mengunakan sabun, cukup air hangat yang sudah kita sediakan tersebut. Apabila harus menggunakan sabun, cari yang khusus untuk memandikan kelinci. Biasanya dapat kita cari di Petshop. Ketika dimandikan, pastikan dipegang kedua kainya agar tidak berontak.
  • Setelah selesai dimandikan, keringkan kelinci mengunakan handuk. Gosokkan perlahan pada bulu-bulunya, sehingga kelinci tidak kesakitan akibat gesekan handuk pada bulunya. Bila perlu, kita bisa mengunakan pengering rambut. Atur suhunya dengan panas dan kecepatan yang rendah.
  • Dalam penggunaan pengering rambut, ada beberapa hala yang harus kita perhatikan, kelinci cenderung tidak menyukai suara yang bising, sehingga sedapat mungkin dihindari mengeringkan dengan pengering rambut. Ada baiknya memandikan kelinci pada waktu siang hari, ketika sinar matahari terang. Jadi, kita dapat menjemurnya hingga kering.
  • Sikat dan luruskan bulu-bulu kelinci supaya lurus kembali.

Mudah bukan, cara memandikan kelinci? Demikian sedikit ulasan mengenai cara memandikan kelinci yang benar. Semoga sedikit tip cara memandikan kelinci ini berguna bagi para pecinta kelinci hias. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Nama Stadion Piala Dunia di Afrika Selatan
Sebelumnya: Merdunya Suara Alat Perkusi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar