Tipe Gunung Api dari Tipe Letusannya


Ada berapa tipe gunung api berdasarkan letusannya yang hingga kini masih mengancam. Masih lekat dalam ingatan kita mengenai Letusan Gunung Api Krakatau dan Gunung Api Tambora yang memakan ratusan ribu korban jiwa. Namun selama ini kita hanya mengenal nama Gunung Berapi tersebut. Padahal sebagai bagian dari mitigasi bencana gunung berapi, penting bagi kita untuk mengetahui tipenya. Berikut ini beberapa Tipe Gunung Api yang diklasifikasikan oleh Para Ahli Geologi berdasarkan letusannya.

1. Tipe Letusan Saint Vincent

Letusan tipe ini mengakibatkan lava tumpah bersama dengan air danau kawah sehingga daerah di sekitarnya dapat terkena terjangan lahar panas yang amat berbahaya. Contohnya Gunung Saint Vincent yang meletus pada 1902 dan Gunung Kelud yang meletus pada 1919.

2. Tipe Letusan Plinian atau Perret

Gunung Krakatau yang meletus pada Tahun 1883 dan Gunung St. Helens yang meletus pada 1980 bila ditinjau dari tipe letusannya termasuk Tipe Perret atau Plinian. Tipe ini memiliki ciri merusak, ledakannya amat dahsyat, fase gas yang amat tinggi hingga mencapai 50 km, dan banyaknya awan. Letusan yang amat hebat mengakibatkan merosotnya dinding kawah dan tenggelamnya puncak gunung dan kemudian terbentuklah suatu kaldera.

3. Tipe Letusan Merapi

Letusan ini seperti yang terjadi pada Gunung Merapi di Yogyakarta. Dimana letusan menghasilkan lava kental dan karena tekanan gas yang terus-menerus, maka lava terdorong keluar dan materialnya pun menuruni gunung dan dikenal sebagai lahar panas. Pada saat yang sama keluar pula awan panas yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup di sekitarnya dan dapat menyebabkan kematian.

4. Tipe Letusan Vulkano

Contoh tipe lesutan Vulkano terjadi di Gunung Semeru di Jawa Timur dan di Gunung Vesuvius dan Gunung Etna di Italia. Tipe ini adalah tipe yang umum dimiliki gunung api ditandai dengan (a) dapur magma yang dangkal hingga dalam, (b) tekanan sedang hingga tinggi cairan (c) magma yang kental, (d) letusan tergantung kedalaman dapur magma dan kekuatan tekanannya, dan (e) letusan bersifat cukup merusak.

5. Tipe Letusan Hawaii

Gunung Kilauea, Maona Kea, dan Maona Loa bila dilihat dari Tipe Gunung Api Berdasarkan Letusannya termasuk Tipe Hawaii. Ciri-cirinya yaitu (1) lava bersifat cair dan mengalir ke segala arah (2) bentuk gunung menyerupai perisai atau tameng. (4) intensitas letusan cukup tinggi namun skalanya relatif kecil.

Selanjutnya : Bagian Bawah Mata Berdenyut
Sebelumnya: Berapa Rakaat pada Saat Melakukan Shalat Istisqa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar