Tipe Tanah Kesuburan

Tipe tanah kesuburan di sini dimaksudkan sebagai tipe tanah dikatakan sebagai tanah yang subur. Ada beberapa karakteristik yang menunjukkan tingkat kesuburan tanah. Selama ini, kita berpikir jika tanah yang subur itu adalah tanah yang berwarna hitam dan tanah yang disekitarnya ada saluran air. Indikator tanah dikatakan subur tidaklah dilihat dari warnanya, tetapi dari unsur hara yang terkandung di dalamnya.

Demikian halnya dengan tanah dipegunungan tidak selalu identik dengan tanah yang subur. Misalnya, saja pegunungan cadas atau pegunungan kapur, yang kandungan tanahnya tidak bisa dikatakan sebagai tanah yang subur. Kali ini kita akan mengulas secara singkat bagaimana ciri-ciri atau kategori tanah itu dikatakan subur berdasarkan dari tipe tanahnya. Dengan demikian, kita bisa meluruskan pemahaman kita mengenai tanah yang subur.

Loading...

Tanah Subur dan Mutu Tanam yang Baik

Mutu tanah atau kualitas kesuburan tanah bisa berpengaruh terhadap hasil tanam di atas tanah tersebut. Oleh sebab itu, mengapa sebelum menanam tanaman sebaiknya dilakukan survei terlebih dahulu mengenai unsur hara tanah yang akan ditanami.

Pelajari apakah jenis tanaman tertentu cocok bila ditanam di atas tanah dari wilayah tertentu. Hal ini dilakukan supaya tanaman yang akan ditanam bisa tumbuh dengan subur dan hasilnya akan baik.

Kualitas tanaman yang baik juga ditentukan dari kualitas dan mutu tanah yang subur. Tipe tanah kesuburan berarti sangat penting untuk dipelajari lebih jauh, supaya tidak salah memilih media tanah untuk menanam tanaman.

Biasanya tipe tanah yang subur itu adalah tipe tanah yang gembur atau tanah yang strukturnya bergelembung atau gembur. Tanah gembur inilah yang banyak dipilih oleh petani untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

Tipe Kesuburan Tanah

Ada tiga tipe tingkat kesuburan tanah yang bisa dilihat lebih lanjut untuk mengetahui kesuburannya. Tiga tipe tanah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Tanah Kesuburan Fisik. Tanah bisa dikatakan memiliki kesuburan fisik jika kondisi tanah cukup lunak dan memungkinkan terjadinya perkecambahan dan akar mampu berkembang dengan baik.
  • Tanah Kesuburan Kimia. Tanah yang memiliki unsur-unsur hara tanah yang optimal, sehingga mampu memberikan nutrisi pada tanaman, tidak terlalu asam dan tidak terlalu alkalin.
  • Tanah Kesuburan Biologi. Tanah yang memiliki bahan organik tinggi, mikrobia penambat N dan P yang tinggi yang mampu menunjang keanekaragaman hayati dalam tanah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tipe tanah kesuburan yang patut kita pelajari sebelum memulai bercocok tanam. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Membuat dan Menempatkan Kandang Puyuh yang Baik
Sebelumnya: Tipe HP Nokia Smart Phone
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar