Tips yang Harus Dipelajari Saat Belajar Mengemudi


Belajar mengemudi memang tidak semudah yang dibayangkan, butuh keuletan dan kesabaran ekstra agar cepat bisa. Biasanya yang menentukan cepat tidaknya belajar mengemudi adalah dari diri sendiri. Ketenangan dan selalu fokus adalah kunci agar Anda cepat menguasai cara mengemudi yang baik. Karena memang mobil memiliki ukuran yang besar dan kontrol kemudi yang lebih banyak dibanding sepeda motor. Jadi belajarlah secara bertahap dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Berikut adalah tips tentang yang harus dipelajari saat belajar mengemudi yang baik dan benar:

1. Persiapan Sebelum Belajar Mengemudi

Saat belajar mengemudi hendaklah Anda dalam keadaan terbaik, bila Anda merasa mengantuk, sakit dan beban lainnya yang membuat Anda merasa tidak kuat untuk melakukannya maka sebaiknya tidak dilakukan. Belajar mengemudi butuhlah kesiapan karena berbeda dengan belajar kendaraan roda dua,  belajar mengendarai mobil sangatlah berat dan butuh pengalaman ekstra karena bodi yang lebih besar dan sistem pengendalian yang lebih membingungkan. Jadi jangan terlalu memaksakan diri.

2. Posisi Duduk  Saat Mengemudi

Posisi duduk juga punya aturan dan tidak boleh seenaknya saat mengemudi. Posisi duduk yang salah akan berakibat buruk pada keselamatan dan kesehatan Anda saat mengemudi. Posisi duduk yang harus diperhatikan saat mengemudi adalah hindari posisi merebah saat mengemudi karena mengurangi gaya refleks tangan. Saat mengemudi usahakan pandangan Anda di jalan sangat jelas dan kekuatan tangan saat memegang stir mendapat tumpuhan yang kuat untuk mengontrol kemudi.

3. Kenali Semua Bagian Kendaraan

Sebelum belajar mengemudi langkah pertama yang harus dilakuakan adalah kenali dulu bagian-bagian dalam kendaraan seperti pedal gas, rem, kopling, sabuk keselamatan, klakson dan bagian penting lainnya. setelah mengenali barulah Anda harus tahu fungsi dan bagaimana cara untuk menggunakan bagian-bagian tersebut. Inti dari belajar mengemudi adalah sering seringlah bertanya dan mematuhi setiap perkataan guru pengajar. Kalau Anda sudah tahu bagian-bagian kendaraan beserta fungsinya dipastikan Anda akan semakin mudah belajar mengemudi.

Bagian-bagian yang harus Anda kenali:

- Pedal rem :  pedal rem biasanya di posisi tengah.

- Pedal gas  :  Pedal ini di bagian paling kanan.

- Pedal kopling : pedal kopling di bagian paling kiri.

- Rem tangan : terletak diantara kursi kemudi dan penumpang depan.

- Gigi Transmisi: terletak di depan rem tangan.

- Klakson : di bagian tengah stir kemudi.

4. Tempat Belajar Mengemudi

Sebelum mengemudi tentukanlah tempat yang sesuai. Yakni carilah tempat yang benar-benar sepi untuk belajar mengemudi. Jika ini adalah kali pertama Anda belajar mengemudi, tempat terbaik adalah di  lapangan yang memang memiliki  tempat yang luas dan jauh dari aktivitas orang dan kendaraan yang dapat membahayakan bila Anda belum mahir. Setelah Anda benar-benar mahir barulah dilanjutkan ke jalanan yang sepi.

5. Cara Mengemudi Kendaraan

Saat  akan belajar mengemudi usahakan berdoa dulu, setelah itu posisikan diri Anda senyaman mungkin. Lalu posisikan tangan dengan tumpuhan yang kuat, setelah siap dengan semua persiapan, baru menyalahkan mobil dengan memutar kunci kontak hingga mesin benar-benar menyalah. Setelah mesin sudah menyalah dan Anda siap untuk memulai, tekanlah kopling dengan kaki kiri kemudian dilanjutkan dengan memulai memasukan gigi satu. Lalu bersiap-siaplah untuk menekan pedal gas dengan kaki kanan, setelah itu lepaslah pedal kopling secara pelan-pelan dan rasakan tarikan yang diberikan oleh kendaraan. Jangan merasa gugup ketika kendaraan mulai berjalan, berusahalah untuk selalu tenang dan lebih fokus pada rute saat berjalan.

Mungkin yang paling sulit saat mengemudi pertama kali adalah cara memindahkan gigi dengan kopling, bagi yang belum terbiasa menggunakan kopling pasti mesin akan sering mati ketika akan memindahkan gigi. Ketenangan dan rileks adalah kunci Anda bisa belajar lebih cepat.

6. Tips Belajar Mengemudi

Langkah pertama belajarlah cara mengendalikan kendaraan pada jalan yang lurus, perhatikan apakah mobil benar-benar lurus saat berjalan. Bila Anda sudah ahli mengendalikan kendaraan dalam posisi lurus, berikutnya adalah berlatihlah  cara berbelok dari yang paling mudah hingga paling tersulit, bila dirasa Anda sudah pandai melakukan teknik berbelok yang baik dan benar. Langkah selanjutnya adalah cara menghadapi tanjakan dan turunan. Jika Anda sudah menguasai ke tiga  langkah seperti yang dijelaskan. Barulah Anda mencoba jalanan yang sebenarnya.

Jika Anda ingin cepat bisa mengemudi usahakanlah untuk tidak panik dan selalu berkonsentrasi, cara belajar yang baik adalah terus bertanya dan usahakan suasana tidak terlalu tegang.  Semakin Anda rileks semakin cepat Anda bisa cara mengemudi.

Saat mengemudi pertama kali pasti perasaan gugup pasti ada. Sehingga pengajar lebih memperkenalkan pengenalan yang lebih sederhana, untuk menghilangkan rasa gugup yang dialami. Banyak cara untuk menghilangkan rasa gugup yakni  dengan pembicaraan yang ringan dengan sedikit bercanda. Apabila sudah dirasa siap maka mulailah untuk belajar mengemudi yang lebih serius. Faktor yang mempengaruhi cepat atau tidaknya mengemudi adalah kesiapan dan keberanian setelah rasa gugup hilang. Hilangkan itu semua dan belajarlah lebih fokus pada yang diajarkan. Seolah Anda menyatu dengan kendaraan yang Anda kendarai. Setelah Anda dirasa bisa, janganlah terlalu percaya diri. Belajarlah hingga benar-benar lancar dan ahli dalam mengendalikan mobil.

Selanjutnya : Tips Penting Menghindari Kecelakaan yang Fatal
Sebelumnya: Yang Bisa Diharapkan dari Perempuan Umur 30 Tahunan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar