Tips Buat Aquarium


Buat aquarium sendiri lebih hemat dari pada membeli di toko perlengkapan ikan hias. Selain irit kita bisa menyesuaikan ukuran aquarium yang dikendaki.   Rasanya lebih puas membuat sendiri aquarium, karena kita bisa memilih sendiri material yang dikehendaki. Misalnya menggunakan kaca yang lebih tebal dan kuat atau memasang ornamen tambahan untuk aquariumnya.

Ada spesies ikan yang memang perlu ditempatkan pada aquarium tersendiri, seperti ikan arwana, alligator dan spesies ikan predator lainnya.  Semua jenis ikan tersebut perlu aquarium dengan spesifikasi khusus yang menggunakan material kuat.

Cara Buat Aquarium

Membikin sendiri tempat memelihara ikan merupakan bagian dari kegiatan memelihara ikan.  Bahkan keahlian membikin aquarium ini jika ditekuni akan membawa manfaat finansial.  Aquarium-aquarium ini bisa distribusikan ke toko – toko ikan hias atau dijual sendiri.
Berikut ini tahapan-tahapan cara membuat aquarium sendiri  :

Bahan-bahan dan alat :

•    Kaca
Pilihlah kaca dengan ketebalan minimal 3 mm – 5mm.  kaca dengan ketebalan kurang dari angka tersebut mudah pecah apalagi jika di pakai untuk memelihara ikan–ikan besar. Material kaca ini banyak dijual di toko-toko besi.

•    Penggaris metal
Siapkan juga penggaris yang terbuat dari besi,  dengan ukuran 100 cm atau 1 meter.  Alat ini dipakai untuk menggaris ukuran aquarium.

•    Pemotong kaca
Alat berikutnya yang tak kalah penting adalah alat pemotong kaca. Bentuknya seperti pisau cutter tapi pada ujungnya dilapisi serbuk intan.

•    Lem karet
Bahan terakhir adalah lem karet yang khusus merekatkan kaca. Terbuat dari bahan silicon yang dicairkan melalui pemanas elektronik.

Tahapan pembuatan

Tahap pertama membikin aquarium adalah mengukur kaca dengan penggaris dan spidol. Ukuran ideal untuk ikan besar  80 cm x 40 cm x 50 m.

Langkah selanjutnya adalah memotong kaca. Buat potongan dengan jumlah lima lembar, masing-masing  kaca samping kanan dan kiri, alas bagian bawah, dan kaca untuk bagian depan dan belakang.

Pada tahap perekatan ini diperlukan kehati-hatian dan butuh orang lain untuk membantu merekatkan.  Cara pertama adalah penempelan bagian bawah, rekatkan lem pada pinggir-pinggir kedua kaca sampai rata. termasuk pada sisi bagian dalam.  Kemudian sandarkan bagian kaca vertical pada tembok.

Setelah kelima kaca direkatkan. Untuk sementara waktu untuk menjaga posisi kaca, rekatkan dengan lakband.  Biarkan sampai kering. Demikian sekilas tips buat aquarium.

Selanjutnya : Buat Bakso Daging Sapi
Sebelumnya: Binong Jati, Sentra Tempat Desain Baju Rajut di Area Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar