Tips Cara Mengelas yang Baik dan Rapi


Apa yang ada dibenak Anda ketika melihat susunan logam pada sepeda motor ataupun susunan logam pada kursi di kantor? Apakah susunan logam itu terbentuk dan tersambung dengan sendirinya? Tentu saja jawabannya tidak.

Berterimakasihlah pada jasa teknisi yang mengelas dengan rapi setiap bagian dari logam tersebut untuk bisa Anda gunakan. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bidang ini, maka sebaiknya kenali dulu tips cara mengelas yang baik dan rapi.

Pada dasarnya, logam memiliki bentuk yang berbeda-beda. Namun, manusia harus memiliki bentuk logam yang pas agar dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara mengatasi problematika tersebut adalah dengan proses penyambungan logam.

Proses ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Dulu, pandai besi akan memanaskan tungku arang kayu untuk menghasilkan panas ekstrim yang digunakan pada proses penyambungan logam, setelah itu logam yang akan disatukan dipalu agar menghasilkan sambungan yang kuat dan rapi.

Cara tersebut sudah tidak lagi digunakan karena prosesnya yang memakan waktu lama dan memakan konsumsi tenaga yang tidak sedikit. Beruntunglah para teknisi las yang ada di era modern ini, karena mereka telah menggunakan gas atau listrik sebagai sumber penghasil panas ekstrim atau pencapaian suhu kritis untuk menyambungkan elemen logam.

Pada dasarnya, mengelas merupakan proses pencairan sebagian dari logam induk, dan sebagian dari logam pengisi baik dengan menggunakan tekanan ataupun tidak, serta baik dengan menggunakan tambahan logam lain ataupun tidak.

Pengelasan harus dilakukan dengan benar sehingga menghasilkan logam sambungan yang rapi dan halus. Jika pengelasan dilakukan dengan proses yang kurang tepat, maka hasil sambungan logam akan memiliki warna yang terlalu gelap sehingga menggangu tampilan estetikanya.

Anda harus rajin bertanya dan juga berlatih pada orang yang sudah ahli. Pada awalnya, mungkin akan mengalami berbagai kesulitan, namun jika sudah terbiasa maka Anda akan dapat melakukan proses las ini dengan baik dan rapi.

Perhatikanlah tips cara mengelas yang baik dan rapi dari arahan orang yang sudah ahli, agar Anda dapat menjadi pengelas profesional. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tanaman Buah dalam Pot Kecil
Sebelumnya: Tanaman Anggrek Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar