Tips Membuat Kandang Jalak Suren


Memelihara binatang jenis jalak suren, tentulah bukan perkara yang mudah. Sebab keberhasilan penanganannya, sangat ditentukan oleh banyak aspek. Salah satunya adalah kandang jalak suren.

Sebagaimana manusia yang membutuhkan rumah yang nyaman dan aman, jalak suren dan binatang lain pada umumnya tentu juga membutuhkan hal yang serupa. Terlebih jika Anda berniat untuk mengelola penangkaran jalak suren.

Karenanya, yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah kandangnya. Konstruksi kandang yang salah, tentu akan mudah menggagalkan proses penangkaran jalak suren. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan kandang ideal bagi jalak suren peliharaan Anda.

Hal yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah lokasi dimana kandang akan dibuat. Sebaiknya hindari daerah yang ramai dan bising. Pilihlah lokasi yang tenang, aman dan nyaman. Selain itu perhatikan pula posisi kandang untuk mengarah pada posisi terbitnya matahari.

Agar Jalak suren mendapatkan paparan sinar matahari pagi tanpa halangan apapun. Tempatkan pula dengan posisi yang lebih tinggi dari tanah agar kandang bebas dari percikan air hujan atau air lainnya. Selain itu kandang juga harus aman dari hama semut dan kecoa juga binatang-binatang seperti anjing, ular, musang, kucing dan tikus.

Sebab hal itu tentu akan mengancam keselamatan jalak suren Anda. Perhatikan juga keberadaan sirkulasi udara yang berdampak baik bagi kesehatan jalak suren Anda. Akan lebih ideal kiranya jika posisi kandang dekat dengan pohon yang rindang.

Ukuran kandang juga mempengaruhi kenyamanan jalak suren peliharaan Anda. Idealnya memang tidak ada ukuran khusus bagi kandang penangkaran jalak suren. Namun sedianya kandang harus dibuat sealami mungkin sebagaimana habitat alaminya.

Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu adaptasi dari jalak suren itu sendiri. Ukuran kandang ini juga bisa disesuaikan dengan luas lokasi yang Anda sediakan. Semakin luas lokasi, semakin lebar kandang, semakin leluasa pula pergerakan dari jalak. Untuk ukuran kandang kebanyakan memiliki panjang 1 meter, lebar 1 meter dan tingginya 180 centimeter.

Perhatikan pula perlengkapan kandang yang menjadi kebutuhan pokok dari jalak suren. Seperti tempat makan dan minumnya yang mudah dibersihkan, serta peletakannya di tempat yang sedianya mudah untuk dijangkau dan aman dari kotoran.

Yang penting dalam proses penangkaran jalak suren adalah keseriusan Anda dalam memelihara kebersihan dan kenyaman kandang jalak suren.

Selanjutnya : Panduan Kehamilan Kembar untuk Pasangan Muda
Sebelumnya: Menyusun Makalah Pendidikan bagi Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar