Tips Memperkilat Besi Knalpot

Knalpot ada yang menyebutnya sebagai barometer ketangguhan sebuah sepeda motor. Pabrikan sepeda motor yang memasang knalpot berkualitas menunjukkan semua onderdil motor yang bersangkutan pun dijamin memiliki kualitas mumpuni. Biasanya orang akan berpikir ketika knalpot gampang keropos, berarti mesin motor yang dipakai pun tak menjamin akan awet. Agar knalpot tetap terawat diperlukanĀ  tips memperkilat besi knalpot.

Sebenarnya, untuk merawat dan membuat besi knalpot tetap mengkilat tidaklah susah. Terpenting penggunaan motor pun standar dan tidak digeber setiap saat. Jika motor digunakan hampir setiap hari, bisa dipastikan tak hanya knalpot yang kotor, melainkan bodi motornya juga. Sayangnya, kalau knalpot kotor akan mempengaruhi performa motor. Fungsi knalpot sebagai penyalur gas-gas buangan akan membantu kinerja tunggangan kuda besi Anda maksimal atau standar.

Gunakan Cairan Pembersih Karat

Salah satu kendala yang dialami knalpot adalah timbulan karat. Hal ini bisa sedikit diminimalisir jika Anda rajin melakukan perawatan knalpot. Rajin membersihkan knalpot minimal sebulan sekali bisa mencegah knalpot berkarat dan keropos. Mencuci motor sehabis kehujanan dan mengelapnya sampai kering juga bisa Anda lakukan.

Jika knalpot berkarat, Anda bisa menghilangkan karat tersebut dengan cairan pembersih karat. Anda juga bisa memakai cairan Porstex yang dijual di pasaran. Tuangkan cairan Porstex secukupnya di wadah. Selanjutnya, oleskan hingga rata dengan kuas pada permukaan knalpot yang berkarat atau kotor. Setelah itu siram dengan air dan lap hingga kering. Cara ini perlu dilakukan hati-hati. Jangan sampai cairan Porstex mengenai blok mesin karena akan melunturkan warnanya.

Kinclong Pakai Pertamax Plus

Tampilan motor yang bersih akan membuat penggunanya merasa nyaman memakainya. Apalagi semua bodi motor hingga knalpot kinclong. Pasti orang-orang di sekililing Anda pun senang melihat tampilan motor Anda. Kesan Anda seorang yang bersih dan rapi pun akan terpancar. Orang pasti akan berpikir, jika kendaraannya bersih, apalagi pribadi orang tersebut.

Jika knalpot motor Anda terdapat banyak noda dan menyebabkan tampilan knalpot jadi kusam. Anda bisa cukup mengoleskan noda atau warna kusam pada knalpot motor. Caranya campurkan pertamax plus dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Kemudian oles pada bagian bercak noda di knalpot. Lalu sikat perlahan memakai sikat gigi. Dalam sekejap, knalpot motor Anda tampak cling seperti baru. Demikian beberapa tips memperkilat besi knalpot. Semoga menginspirasi!

Selanjutnya : Filsafat Pemerintahan
Sebelumnya: Alasan Bahasa Melayu Dipilih Menjadi Cikal Bakal Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...