Cara Jitu dan Tips Mendapat Beasiswa Tanoto Foundation


Mahalnya biaya pendidikan tidak boleh menghentikan semagat belajar para generasi muda, khususnya yang kurang beruntung sehingga tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak cara yang bisa ditempuh demi mendapatkan bantuan biaya sekolah seperti  mencari orang tua angkat, mengajukan beasiswa ke perusahaan-perusahaan yang peduli atau mengajukan beasiswa ke sekolah atau universitas tempat mereka menimba ilmu.

Untuk mendapatkan aneka beasiswa seorang pelajar harus menempuh berbagai cara, salah satunya adalah tips mendapat beasiswa Tanoto Foundation.

Kemunculan Kaum Filantropi

Satu dasa warsa terakhir bermunculan filantropi (orang-orang kaya yang punya kepedulian kepada sesama) terutama kepedulian terhadap kualitas generasi mendatang. Mereka secara pribadi menyisihkan sebagian pendapatan untuk membantu orang-orang yang memiliki kemampuan lebih di bidang akademik tetapi kurang beruntung secara ekonomi.
Salah satu dari mereka yang peduli itu adalah Sukanto Tanoto, pemilik Raja Garuda Mas Group. Sejak 1989 Sukanto menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan pendidikan dengan membentuk sebuah yayasan.

Tanoto Foundation membantu pendidikan mulai dari TK hingga program Master (S2) melalui pemberian beasiswa yang diperuntukkan bagi mereka yang kurang mampu dengan syarat tertentu. Persyaratan yang diajukan relatif sama dengan pemberi beasiswa lainnya.

Tips Mendapatkan Beasiswa Tanoto Foundation

Namun ada beberapa tips yang perlu diketahui agar pengajuan beasiswa ke Tanoto Foundation bisa dipertimbangakan dan disetujui oleh yayasan.Berikut ini tips untuk mendapatkan beasiswa Tanoto Foundation.

  • Untuk mahasiswa S1 dan S2 pastikan bahwa Universitas yang dituju harus menjadi mitra Tanoto Foundation.
  • Sertakan keterangan yang mendukung bahwa seseorang berhak mendapatkan beasiswa yang meliputi surat keterangan tidak mampu, kemampuan akademis cukup, minimal IPK 3,00 pada semester terakhir untuk S1 dan IPK 3,25 untuk S2.
  • Tidak diketahui sedang menerima beasiswa dari pihak lain atau mengikuti program double degree atau fastrack. Untuk syarat tersebut universitas akan menerbitkan surat keterangannya.
  • Syarat khusus berupa tulisan essai yang menceritakan alasan memilih kuliah di fakultas yang dipilih, hal yang akan dilakukan setelah lima tahun lulus dari S1/S2, serta hal yang menjadi inspirasi ketika membuat perencanaan tersebut.

Jadi, pada intinya yang harus dipersiapkan sejak dini adalah belajar sebaik-baiknya guna mendapatkan nilai akademik sangat memuaskan. Di samping itu, latih kemampuan menulis essai dari sekarang sebab salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan mengirim tulisan essai seperti pada tips mendapat beasiswa Tanoto Foundation di atas.

Selanjutnya : Akibat Pemanasan Global
Sebelumnya: Cara Guru Mengajarkan Puisi tentang Keindahan Taman Sekolahku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar