Tips Menulis Berita yang Baik


Tips menulis berita yang baik wajib dipelajari seorang jurnalis. Kebiasaan menulis sebuah tulisan berita tidak semudah menulis fiksi. Ada banyak aturan yang menjadi perhatian khusus.

Prinsipnya, saat menulis berita Anda dihadapkan pada publik. Hal ini disebabkan, tanggapan atau opini setiap orang tidak sama. Mungkin saja, pembaca mengetahui lebih banyak tentang topic berita tersebut dibandingkan jurnalis. Tujuan dari menulis berita adalah memberikan informasi dan memberikan ilmu baru kepada pembaca.

Ada cara menyampaikan berita yang baik, yaitu dengan bahasa Indonesia yang baku. Hal ini untuk menghindari beberapa orang yang tidak menguasai bahasa daerah. Ada lagi selain menggunakan bahasa baku, agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips menulis berita yang baik.

Singkat Padat Jelas

Prinsip menulis sebuah tulisan berita adalah singkat padat dan jelas. Menulis berita berbeda dengan menulis sebuah artikel atau essay. Menulis berita lebih menekankan pada penghematan pemilihan diksi yang baku dan efisien.

Jika saat menulis fiksi penulis bebas mengekspresikan imajinasi dan pendapat di dalam tulisannya, berbeda dengan tulisan berita. Tulisan berita tidak boleh menyertakan pendapat penulis di dalamnya. Sebuah berita benar-benar murni fakta yang didapatkan oleh penulis dari orang lain, atau narasumber.

Menarik Pembaca

Sebuah berita juga dituntut dapat menarik seorang pembaca. Paragraf pertama sebuah berita harus tegas, singkat, dan lugas namun mampu menarik pembaca untuk meneruskan membaca. Judul sebuah berita juga salah satu faktor yang dapat menentukan pembaca menjadi tertarik ingin membaca berita yang tertulis.

Aturan judul saat menulis berita pun juga harus singkat padat jelas dan menarik. Salah satu trik yang paling mustajab untuk menentukan judul berita yang bagus dapat diambil dari statemen narasumber. Itulah kunci membuat judul berita.

Memberikan Informasi yang Baru

Konsep dan tujuan menulis berita adalah memberikan informasi baru dan terupdate kepada pembaca. berita lama juga dapat diangkat kembali dan dikemas. Tujuannya agar berita yang lama kembali dapat diperbincangkan. Sebenarnya ada banyak jenis tulisan berita, ada tulisan yang bersifat evergreen ada pula berita yang sifatnya hanya sekilas.

Disertai Gambar Berita

Tips menulis berita yang baik dengan menyertai foto. Foto ini tidak sembarang foto. Foto berita juga harus benar-benar fakta. Jika menuliskan tentang kenakalan remaja maka foto yang terpajang juga aksi kenakalan remaja seperti tawuran dan lain-lain.

Prinsip menyertakan foto berita, foto tersebut harus hidup. Foto hidup disini benar-benar foto peristiwa yang ada aktivitas manusia atau foto yang dapat berbicara. Contoh foto mati adalah foto gambar taman, ata gambar rumah yang tidak ada orang sama sekali di depannya. Minimal, ada hewan atau manusia yang lewat.

Inilah tips menulis berita yang baik. Semoga tulisan ini bermanfaat menambah wawasan bagi para pembaca.

Selanjutnya : Peringkat TNI di Kemiliteran Dunia
Sebelumnya: Mengenal Media Menanam Jamur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar