Tips Merawat Murai Batu Yang Bagus


Burung Murai Batu merupakan salah satu burung berkicau yang memiliki keistimewaan tersendiri dibanding burung berkicau lainnya. Selain memiliki suara merdu, Murai Batu juga memiliki bentuk fisik yang indah jika dibanding burung berkicau lainnya.

Namun untuk perawatan dan pemeliharaannya, Murai Batu membutuhkan ketelatenan dan kesungguhan pemiliknya. Karena untuk menghasilkan Murai Batu yang bagus tidaklah mudah.

Namun jika sudah terbentuk nyanyiannya, semua usaha untuk membentuknya pun terbayar sudah. Jadi apa sajakah tips merawat Murai Batu yang bagus? Simaklah keterangan di bawah ini.

1. Burung Murai Batu yang kicauannya paling ramai adalah burung Murai Batu jantan. Oleh karena itu, jika kicauan yang indah adalah tujuan utama pemeliharaan Murai Batu, maka Murai Batu jantan adalah pilihan yang terbaik.

2. Untuk menghasilkan Murai Batu yang berkualitas, pemberian makanan yang segar seperti buah-buahan juga merupakan suatu keharusan.

3. Berilah extra fooding yang mendukung pembentukan kicauan Murai Batu.

4. Burung Murai Batu adalah burung yang menyukai ketenangan. Oleh karena itu,  lebih baik tempatkan kandang Murai Batu jauh dari kebisingan. Suara bising akan membuat Murai Batu menjadi stress dan pada akhirnya tidak mau berkicau. Hal ini tentu saja tidak diinginkan oleh para pemilik Murai Batu.

5. Kebersihan juga merupakan salah satu syarat mutlak agar Murai Batu yang bagus dapat terbentuk. Bersihkanlah kandangnya secara rutin setiap hari agar kesehatan Murai Batu tetap terjaga.

6. Murai Batu merupakan burung yang harus terjaga kehangatannya. Oleh karena itu sebaiknya hanya mandikan Murai Batu dengan menggunakan semprotan spray, dan selalu jemur Murai Batu di bawah sinar matahari pagi minimal sejam sehari untuk menjaga kehangatan tubuhnya.

7. Lakukanlah pemasteran Murai Batu dengan memperdengarkan lagu dari burung yang dijadikan master untuk nyanyian. Lakukanlah secara terus menerus sehingga kelak Murai Batu yang akan dibentuk mampu mengeluarkan nyanyian yang sama merdunya dengan masternya.

Demikianlah tips untuk merawat Murai Batu yang bagus. Semoga bermanfaat .

Selanjutnya : Cara Menambah Musik di Facebook
Sebelumnya: Bangunan Peninggalan Belanda di Aceh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar