Tips Pintar Bermain Catur


Permainan catur adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh dua orang, dalam permainan ini membutuhkan pemikiran yang sangat cermat dan tetpat agar bisa menang. Permainan catur memang mengasikkan, apalagi saat mengisi waktu luang. Agar selalu menang dalam bermain catur perlulah belajar beberapa tips pintar bermain catur.

Mengalahkan Lawan dengan Cepat

Langkah standar mengalahkan lawan dengan cepat adalah sebagai berikut :

  1. Setiap pion jangan dibiarkan dalam posisi bebas. Jadi, langkah pembukaan pion cukup satu saja.
  2. Mainkan bidak gajah pada posisi selangkah ke depan.
  3. Mainkan pula bidak kuda yang memiliki langkah unik (berbentuk L). usahakan kuda jangan sengaja diumpankan kepada lawan. Jika posisinya bebas, ia berada tepat di depan pion sebelah kanan. Dengan demikian, bidak benteng bisa bergerak bebas.
  4. Setelah posisi keseluruhan pertahanan relatif kuat. pakai bidak perdana menteri untuk diletakan pada posisi tepat. Tujuannya, untuk membenturkan ke arah jantung lawan nantinya. Terutama pada saat formasi bidak perdana menteri dan raja milik lawan tidak beranjak.
  5. Mainkan pula bidak gajah tepat seolah-olah mengincar pion untuk memberi perlindungan bidak perdana menteri nantinya.
  6. Setelah kira-kira terkunci raja dan perdana mentri lawan, saatnya bidak gajah memakan bidak pion yang berdekatan dengan raja.
  7. Otomatis bidak raja tidak bisa ke mana-mana. Kecuali pihak lawan mengambil langkah pertukaran benteng dengan raja. Kita tetap mendapat keuntungan memakan benteng walau akhirnya dimakan juga oleh bidak perdana menteri.
  8. Pada saat itu, posisi raja dan perdana menteri terbuka untuk serangan selanjutnya.
  9. Mainkan bidak perdana menteri, kuda hingga mendapatkan posisi skak-ster. Pada posisi demikian, pihak lawan mau tidak mau melepaskan bidak perdana menteri. Konsekuensinya, bidak kuda dikorbankan.
  10. Pertahanan lawan akan semakin porak poranda.
  11. Langkah selanjutnya lebih mudah mengalahkan lawan.

Strategi Tingkat Lanjut

Tips pintar bermain catur lainnya yang lebih jauh levelnya yakni membuat pembukaan langkah yang terstruktur dan strategis. Misalnya teknik pembukaan gambit raja dan pembukaan scotch gambit. Prinsip dasarnya, mereka membuat beberapa langkah untuk membuat pertahanan hingga posisi lawan terkecoh atau salah ambil langkah.

Dengan hanya sekali melakukan kesalahan di pihak lawan, ia sudah mengetahui bahwa pertahanannya lemah. Pada posisi lemah, pihak lawan hanya akan memperbaiki formasi bidaknya untuk mencapai tawaran remis (seri).

Tips pintar bermain catur lainnya yang bisa diterapkan, yaitu memancing emosi lawan. Posisi bidak kuda dan bidak perdana menteri sangat mengundang emosial lawan. Saat itulah, konsentrasi pemain buyar dan formasi pertahanannya juga tidak tersusun dengan baik. Dengan demikian pihak lawan mudah dikalahkan.

Selanjutnya : Toko Olahraga Yang Menjual Skateboard di Jakarta
Sebelumnya: Tips Lolos Tes Wawancara Bank Mandiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar