Beberapa Tips Membuat Sinopsis Novel


Sinopsis merupakan suatu ringkasan cerita dari novel, film, ataupun drama. Sinopsis dibuat dengan tujuan untuk menarik orang lain supaya mau membaca dan membeli novel atau buku cerita lainnya, dan mau menonton film yang akan dirilisnya. Dengan demikian, sinopsis harus dibuat dengan sebaik dan semenarik mungkin.

Pada waktu sekolah, mungkin kita pernah mendapatkan tugas dari guru Bahasa Indonesia untuk membuat sinopsis. Pelajaran tersebut tentunya sangat bermanfaat dan dapat dipakai dalam dunia tulis menulis, terlebih lagi untuk menulis cerita novel atau drama.

Berikut adalah beberapa tips sinopsis novel sehingga orang akan tertarik membaca dan membeli meskipun hanya dengan membaca sinopsis saja.

1. Membaca dengan baik

Karena tujuan menulis sinopsis ini untuk konsumsi orang lain, maka orang yang menulis sinopsis tersebut harus membacanya dengan cermat dan detail, setiap halaman diperhatikan dengan benar.

2. Pahami isi dari novel

Memahami isi dari novel akan membantu dalam pembuatan sinopsis, karena dibutuhkan pemahaman yang luas tentang novel tersebut, sehingga memudahkan dalam membuat sinopsis.

3. Menentukan dan membuat kerangka cerita

Kerangka cerita merupakan bagian yang lebih penting lagi, karena kerangka ini adalah bagian yang harus disebutkan dalam sinopsis. Kerangka cerita tersebut meliputi judul novel, tokoh atau perwatakan yang ada dalam cerita novel, setting atau latar dari cerita novel, permasalahan yang ada dalam cerita novel, serta alur cerita.

4. Klasifikasikan cerita-cerita penting

Setiap bagian yang penting dalam novel tersebut diklasifikasikan dengan baik sebagai pengingat dari urutan cerita novel. Misalnya ada peristiwa mengharukan, sedih, gembira, dan lain sebagainya.

Dengan adanya tips dan panduan di atas tersebut dapat memudahkan dan memperlancar dalam pembuatan sinopsis. Seperti yang dibahas di atas bahwa sinopsis yang tidak menarik tidak akan “menjual” cerita dari novel tersebut sehingga orang-orang enggan untuk membaca dan membeli buku novel tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa tips sinopsis novel ini. semoga membawa manfaat. Selamat membaca novel.

Selanjutnya : Tata Cara Pelaksanaan Salat Jenazah
Sebelumnya: Cara Mencegah Hepatitis A
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar