Soekarno, Tokoh Indonesia yang Terkenal sampai Mancanegara

Siapakah yang tidak mengenal Soekarno? Proklamator ini merupakan salah satu tokoh Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Kiprahnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membawa namanya harum di dalam negeri dan luar negeri. Soekarno merupakan tokoh negarawan yang dicintai dan dikagumi oleh rakyat Indonesia.

Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901. Soekarno diberi nama Koesno Sosrodiharjo oleh kedua orangtuanya. Soekarno memiliki seorang ayah bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa kecil sampai menamatkan sekolah dasar, Soekarno tinggal bersama orangtuanya di Blitar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Surabaya tepatnya di HBS. Tahun 1920, Soekarno hijrah ke Bandung untuk mengambil studi di ITB dan meraih gelar Insinyur. Pada saat di Bandung, ia memulai misi untuk merumuskan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 4 Juli 1927, Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang memiliki tujuan memerdekakan Indonesia. Tentu saja, hal tersebut dianggap sebagai ancaman bagi Belanda. Soekarno pun ditangkap dan dipenjarakan di Sukamiskin. Pada saat sidang, pledoi Soekarno yang dinamai Indonesia Menggugat yang membuat Belanda semakin geram. Akhirnya, pada tanggal 30 Juni 1930, PNI dibubarkan dan Soekarno dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933.

Perjuangan Soekarno yang penuh onak dan duri, akhirnya membawa Indonesia pada kemerdekaan. Bersama Mohammad Hatta, pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Rakyat bersorak, semua bersuka cita akan kebebasan hidup yang sejak lama dicita-citakan. Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945, Ir. Soekarno terpilih sebagai Presiden RI yang pertama, didampingi Mohammad Hatta sebagai wakilnya dengan keputusan aklamasi pada sidang PPKI.

Walaupun kemerdekaan telah diraih, perjuangan Soekarno dan para pahlawan di Indonesia tak cukup sampai di situ saja. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk memperjuangkan hak-hak bangsa Indonesia di dunia. Kedatangan para penjajah masih dirasakan oleh bangsa Indonesia dan harus dilawan, bahkan setelah kemerdekaan itu diraih.

Akhirnya, pada tanggal 21 Juni 1970, Soekarno menutup usia. Rakyat kehilangan satu orang pejuang yang merupakan tokoh Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Namun, semua pengorbanan dan perjuangannya tetap dikenang oleh bangsa Indonesia. Soekarno sang proklamator, sosok yang tak pernah gentar menghadapi musuh, sosok yang pemberani dan tegas ini memberi berjuta inspirasi bagi rakyat Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Tokoh Pejuang yang Berasal dari Bandung
Sebelumnya: Tokoh Falsafah Ilmu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar