Chairul Tanjung, Tokoh Kewirausahaan yang Sukses


Siapa yang gak kenal dengan sosok si anak singkong, Chairul Tanjung. Beliau adalah tokoh kewirausahaan yang sukses di negeri ini.  Tak tanggung-tanggung, kesuksesannya dirintis dari nol, bukan dari hasil warisan orang tua atau sanak familinya.

Chairul Tanjung yang lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, memulai usahanya sejak ia jadi mahasiswa di Jurusan Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia. Awal usahanya sempat mengalami jatuh bangun. Namun, ia pantang menyerah dan akhirnya ia berhasil membangun kerajaan bisnisnya, Para Group yang membawahi perusahannya yang lain semisal Trans TV dan Bank Mega.

Kesuksesannya tidak jadi secara ‘sim salabim’. Chairul Tanjung memulai bisnisnya dari kecil-kecilan, yaitu jualan buku kuliah, kaos, dan peralatan-peralatan lainnya yang dibutuhkan kampus.  Ia juga pernah pernah bangkrut ketika mendirikan toko peralatan kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen Raya, Jakarta Pusat.

Kebangkrutan tidak menjadikan Chairul Tanjung patah arang. Selepas kuliah tahun 1987, ia mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya dengan modal Rp 150 juta untuk memproduksi sepatu anak-anak. Perusahaannya mendapat pesanan dari Italia sebanyak 160 ribu pasang sepatu.

Setelah itu, bisnisnya semakin berkembang. Ia merambah bisnis lain, mengambil alih Bank Karman dan menyulapnya menjadi Bank Mega yang sukses. Selain bidang keuangan, ia juga mengarahkan bisnisnya ke bidang properti dan multimedia. Untuk menaungi semua bisnisnya, ia mendirikan perusahaan yang bernama Para Group.

Para Group adalah kerajaan bisnisnya. Menaungi sejumlah perusahaan di bidang finansial (seperti Asuransi Jiwa Mega Life, Asuransi Umum Mega, Para Multi Finance, Bank Mega Tbk., Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance), properti, dan investasi (seperti Para Bali Propertindo, Para Bandung Propertindo, Batam Indah Investindo), bidang multimedia (seperti Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio)

Tidak cukup sampai di sana, Chairul Tanjung melalui anak perusahaannya, Trans Corp., membeli sebagian besar saham Carefour. Pembelian sahamnya ditandatangi pada tanggal 12 Maret 2010 di Perancis. Pada tahun 2010, Majalah Forbes memasukkan nama Chairul Tanjung sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan urutan 937 dan peringkat 11 untuk Indonesia. Chairul Tanjung adalah potret tokoh kewirausahaan yang sukses di negeri ini. Kesuksesan itu raih dengan penuh perjuangan, jatuh dan bangun.

Selanjutnya : Kasus Hukum Adalah Perkara yang Masuk dalam Ranah Hukum
Sebelumnya: Hukum Menikah dengan Saudara Sesusuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar