Tokoh Pejuang Sosialis Tan Malaka


Mungkin nama Tan Malaka tidak setenar nama pahlawan Tuanku Imam Bonjol, Teuku Umar, atau pun Sultan Hasanudin. Padahal Tan Malaka adalah seorang tokoh pejuang sosialis sekaligus pemimpin yang sangat berani dalam setiap pergerakannya. Ia pula yang sering hidup dalam pengasingan karena kerap memberontak kebijakan Hindia Belanda jika kebijakan tersebut dirasa akan merugikan seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai bangsa yang berbudi luhur, sebaiknya kita uraikan secara singkat tentang siapa tokoh Tan Malaka itu sebenarnya. Selain menambah wawasan, dengan mengetahui profil Tan Malaka saja kita sudah turut menghargai keberadaannya di negeri ini. Berikut uraiannya:

Tan Malaka, bukanlah laki-laki yang berasal dari selat Malaka atau dari negeri jiran, Malaysia. Meskipun ada nama Malaka di belakang namanya, namun ia adalah seorang putra bangsa kelahiran Sumatera Barat 19 Februari 1896. Semasa hidupnya, Tan Malaka adalah laki-laki yang cerdas.

Itu sebabnya ketika ia masih berusia 16 tahun, Tan Malaka telah dikirim ke Belanda untuk menuntut ilmu. Tujuh tahun kemudian, Tan Malaka kembali ke Indonesia dan bekerja pada sebuah perkebunan di Sumatera Utara.

Di perusahaan tempatnya bekerja tersebutlah menjadi cikal bakal pergolakan radikal dalam dirinya. Di sana ia menemukan fakta bahwa terjadi suatu jurang pemisah yang sangat besar antara kehidupan kaum buruh dengan tuan tanah. Sejak itu, ia berusaha melakukan perobakan sistem dan pada akhirnya berhenti dari perusahaan tersebut.

Sepak terjang perjuangannya tidak hanya sampai di sana. Debutnya di dunia politik pun semakin lama semakin gemilang. Seringkali pendapat-pendapatnya dianggap membahayakan posisi pemerintah Hindia Belanda saat itu. Namun bukan Tan Malaka namanya jika gentar sekalipun harus diungsikan berkali-kali. Bahkan sempat pula ia hidup di Berlin, Belanda dan Moskwa karena dirinya diusir dari Indonesia.

Perjuangan Tan Malaka baru berakhir ketika ia meninggal dunia di usia 53 tahun. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 53 yang ditandatangani Presiden Soekarno, nama Tan Malaka ditetapkan sebagai salah satu pahlawan kemerdekaan nasional.

Demikian uraian singkat tentang tokoh pejuang sosialis Tan Malaka. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Vitamin C, Kandungan Terbesar Jeruk Nipis
Sebelumnya: Contoh Proposal Perusahaan Jasa Usaha Kue Lapis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar