Tokoh Pejuang yang Berasal dari Bandung


Tokoh pejuang yang berasal dari Bandung cukup banyak, tetapi tidak semua tokoh tersebut dikenal oleh masyarakat. Pejuang kemerdekaan yang dari totalnya mencapai 100 orang lebih, namun yang dikenal hanya beberapa orang saja, salah satunya adalah Moh. Toha. Ia adalah orang yang paling berpengaruh dalam peristiwa Bandung Lautan Api. Namanya sangat terkenal. Bahkan, nama Moh. Toha disejajarkan dengan Dewi Sartika, yaitu tokoh wanita pejuang dari Bandung.

Dewi Sartika berjuang terhadap pemberantasan buta aksara bagi wanita. Ia mendirikan sekolah istri atau sekolah perempuan. Dengan beberapa materi, seperti membaca dan menulis, menjahit dan sebagainya, perempuan menjadi seseorang yang lebih cerdas dan mapan. Jejak perjuangan yang dilakukannya pada zaman Belanda itu membekas sampai sekarang.

Tokoh pejuang yang berasal dari Bandung lainnya, seperti Dewi Sartika meski berbeda jalur perjuangan, tetapi tetap satu tujuan. Jika Dewi Sartika sudah dinobatkan sebagai pahlawan nasional sejak lama, namun sungguh ironis, Moh. Toha ditolak oleh pemerintah untuk menjadi pahlawan nasional. Rakyat Bandung atau khususnya Jawa Barat sangat kecewa akan hal ini.

Pemerintah beralasan karena latar belakang Moh. Toha tidak jelas. Selain itu, pemerintah juga beralasan bahwa penganugerahan bintang maha putra sudah setara dengan pengorbanan Moh. Toha. Padahal, jika Moh. Toha masih hidup, beliau akan menolak bintang maha putra apalagi gelar pahlawan nasional, sebab beliau berjuang penuh keikhlasan dan hanya untuk rakyat agar bebas dari penindasan.

Tokoh pejuang dari Bandung seperti Moh.Toha adalah contoh tauladan dalam berbuat baik. Perjuangannya kini dirasakan oleh masyarakat Bandung, kota dingin dan bangsa Indonesia. Bandung kota kembang menjadi semarak seperti sekarang berkat dari perjuangan para pendahulu. Oleh karena itu, jasa pendahulu tetap akan selalu dikenang, meski pemerintah menolaknya.

Perjuangan pahlawan akan selalu abadi dan menjadi panutan sampai ke masa depan. Moh. Toha yang dulu memang sudah tiada, tetapi semangatnya dalam memperjuangkan keadilan akan selalu dirasakan oleh generasi penerus bangsa. Tokoh pejuang yang berasal dari Bandung dapat menjadi salah satu gambaran perjuangan yang dilakukan oleh seseorang untuk bangsanya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga bangsa ini dengan baik.

Selanjutnya : Tokoh-tokoh yang Berhasil Menjadi Investor
Sebelumnya: Soekarno, Tokoh Indonesia yang Terkenal sampai Mancanegara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar