Tokoh Pencetus Teori Interaksi Sosial Simbolik


Mempelajari sosiolagi sama artinya harus berhadapan dengan interaksi sosial atau hungan timbale balik antar individu. Salah sati teori interaksi yang paling populer dalam disiplin ilmu sosiologi adalah teori interaksi social simbolik. Adapun tokoh pencetus teori interaksi sosial simbolik ini tidak terlepas dari nama George Herbert Mead atau yang biasa dipanggil dengan sebuatan Mead saja.

Teori interaksi simbolik yang dikemukakan Mead disebut juga dengan mahzab Chicago. Hal tersebut disebabkan karena saat ia mengemukakan pendapat tentang teori tersebut, Mead sedang berdomisili di kota Chicago.

Teori interaksi social simbolik menekankan pada perilaku manusia terhadap manusia lainnya yang bisa saja dilakukan dalam bentuk verbal maupun non verbal. Dimana, interaksi secara verbal lebih menitikberatkan pada kesepahaman atau kesepakatan antara satu individu dengan individu lain yang berinteraksi dengannya.

Sedangkan interaksi non verbal atau dikatakan sebagai interaksi simbolik menekankan bahwa  interaksi yang terjadi berupa isyarat dalam simbol-simbol tertentu. Biasanya mengacu pada isyarat atau simbol-simbol bahasa tubuh seperti kerlingan mata, mengerjap, dan menganggukkan kepala. Namun simbol interaksi tersebut adalah simbol umum yang memang biasa digunakan dalam pola interaksi agar lebih mudah dimengerti.

Mead merangkum teorinya atas tiga pemikiran dasar, yakni:

•    Mind, diartikan sebagai kemampuan berpikir setiap individu. Jadi setiap individu yang berinteraksi wajib memiliki kemampuan menggunakan isyarat atau simbol. Dimana, simbol yang digunakan harus memiliki makna. Dan sebagai lawan interaksi haruslah dapat mengembangkan pikiran atas apa yang dibacanya dari sebuah isyarat yang dilakukan lawan bicara.

•    Self, diartikan sebagai diri pribadi. Dimana, setiap orang berhak merefleksikan dirinya seperti apa. Tidak terbatas hanya pada sudut pandang orang lain saja. Sehingga setiap individu leluasa mengekspresikan dirinya ketika berinteraksi dengan individu lainnya.

•    Society, diartikan sebagai masyarakat. Dimana interaksi social dilakukan untuk membangun sebuah hubungan sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Itupun interaksi sosial wajib dilakukan tanpa paksaan orang lain dan dilakukan secara sukarela serta diharapkan senantiasa aktif.

Demikian artikel tentang tokoh pencetus teori interaksi sosial simbolik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Daftar Lagu Pop yang di jadikan Dangdut Remix dan Tujuannya
Sebelumnya: Resep Masakan Berbahan Dasar Tahu Putih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar